Data Logger Menggunakan Flashdisk Sebagai Media Penyimpan Data.

AgusKurniawan (2008) Data Logger Menggunakan Flashdisk Sebagai Media Penyimpan Data. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Data logger adalah peralatan yang digunakan untuk merekam data. Data logger umumnya langsung terhubung komputer. Hal ini kurang praktis untuk dipergunakan dalam aplikasi lapangan. Data logger sendiri membutuhkan ruang penyimpanan data yang besar serta mampu menyimpan data tanpa adanya catu daya. Solusi untuk masalah tersebut adalah data logger yang menggunakan flashdisk sebagai media penyimpan data. Alat ini tersusun atas mikrokontroller ATmega128, vinculum, modul LCD dan flashdisk . Sebelum digunakan, jalur yang dipergunakan harus diaktifkan dulu, rangkaian transduser yang digunakan juga harus dihubungkan dengan alat. ATmega128 membaca data serta mencatat waktu data dibaca secara periodik, mengatur formatnya lalu mengirimkannya ke vinculum. Vinculum menuliskan data yang diterima dari ATmega128 ke flashdisk . Dari hasil pengujian diperoleh bahwa alat dapat merekam data, mencatat waktu data dicatat dan menyimpannya ke dalam flashdisk . File tempat data disimpan dapat disalin dari flashdisk ke komputer dan dibaca dengan baik di komputer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/702/050803559
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2008 13:11
Last Modified: 22 Nov 2008 13:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139536
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item