Pengaruh Daya Elemen Pemanas Terhadap Karakteristik Pembakaran Droplet Campuran Minyak Jarak Pagar (Jatropha Curcas Linn) Dengan NaOH (Natrium Hidroksida) Yang Dialiri Listrik.

MisbakhulFatah (2008) Pengaruh Daya Elemen Pemanas Terhadap Karakteristik Pembakaran Droplet Campuran Minyak Jarak Pagar (Jatropha Curcas Linn) Dengan NaOH (Natrium Hidroksida) Yang Dialiri Listrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagian besar pemenuhan energi yang semakin meningkat setiap tahunnya berasal dari bahan bakar fosil yang ketersediaannya tidak dapat diperbaharui dan keberadaannya semakin menipis. Minyak jarak sebagai bahan bakar alternatif dihasilkan dari tanaman jarak pagar ( Jatropha curcas L. ) . Minyak jarak pagar sangat berpotensi menggantikan minyak diesel karena mempunyai propertis mendekati minyak solar, meskipun flash point dan viskositasnya lebih tinggi daripada minyak diesel. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya elemen pemanas pada campuran minyak jarak pagar dengan NaOH yang tanpa dialiri listrik dan dengan dialir listrik sehingga dapat memberikan pengaruh yang terbaik terhadap karakteristik pembakaran droplet minyak jarak. Pengujian dilakukan secara true experiment dengan membandingkan minyak jarak tanpa dialiri listrik dan dengan dialiri listrik DC 12 Volt dengan daya 186,9W; 292,19W; 420,54W; 519,31W; 628,5W. Serta membandingkannya dengan minyak solar. Hasil yang terbaik pada campuran minyak jarak pagar dengan NaOH yang dialiri listrik DC 12 volt dengan pemberian daya sebesar 628,5 watt. Gradiennya lebih tegak dibanding dengan yang tidak dialiri listrik, hal ini disebabkan minyak jarak yang dialiri listrik DC 12V, akan menghasilkan radikal bebas di dalam droplet sehingga akan mengakibatkan timbulnya pergerakan molekul yang semakin kacau. Sehingga ikatan kimia antar atom dalam molekul akan semakin lemah maka energi aktivasi yang rendah dan proses pembakaran yang semakin cepat. Pada visualisasi perubahan bentuk nyala api selama proses pembakaran droplet campuran minyak jarak dengan NaOH. Dapat dilihat bahwa pada proses pembakaran diberi aliran listrik DC 12 Volt, akan menghasilkan micro explotion yang lebih sering, dan perubahan bentuk api yang signifikan. Sedangkan ignition delay time tercepat dan burning rate tertinggi adalah pada daya elemen pemanas 628,5 Watt pada campuran minyak jarak dengan NaOH yang dialiri listrik DC 12 Volt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/695/050803548
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2008 09:21
Last Modified: 21 Nov 2008 09:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139528
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item