Analisis Pengendalian Kualitas Statistik Dengan Peta Kontrol Dan Acceptance Sampling Guna Meminimalkan Rework Pada Produk Fork Cy. Exclusive Lady 28 : Studi Kasus di PT. Insera Sena - Sidoarjo.

FadliAfdiEffendi (2008) Analisis Pengendalian Kualitas Statistik Dengan Peta Kontrol Dan Acceptance Sampling Guna Meminimalkan Rework Pada Produk Fork Cy. Exclusive Lady 28 : Studi Kasus di PT. Insera Sena - Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Insera Sena merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai jenis sepeda di Indonesia. Pada saat proses produksi fork, ditemukan masalah yaitu masih banyaknya produk yang mengalami penyimpangan standar spesifikasi. Dengan terdapatnya permasalahan tersebut maka perusahaan mengambil langkah melakukan pengerjaan ulang atau yang disebut dengan rework . Hal ini menyebabkan peningkatan beban biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan dan bertambahnya waktu produksi untuk proses pengulangan terhadap produk tersebut. Untuk memperbaiki kualitas produk seperti yang dihadapi oleh PT. Insera Sena ini, dapat dilakukan dengan mengontrol variabilitas proses produksi dengan menerapkan Metode Pengendalian Kualitas Statistik. Metode Pengendalian Kualitas Statistik adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk memonitor, mengelola, mengendalikan, menganalisis, dan memperbaiki kualitas produk dan proses. Pada Metode Pengendalian Kualitas Statistik ini menggunakan pengukuran output untuk mengendalikan proses dan mendeteksi penyebab terjadinya situasi yang berada diluar batas pengendali. Data-data yang diperlukan meliputi: Tinggi Kaki Fork, Tinggi Pivot, Jarak Antara Pivot, dan Offset. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisa pada PT. Insera Sena Sidoarjo dengan menggunakan Metode Pengendalian Kualitas Statistik, didapatkan prosentase penurunan rework , yaitu dari ± 13% menjadi ± 10% yang menunjukkan proses produksi fork berjalan lebih baik dibandingkan dengan proses produksi sebelumnya. Sedangkan variabel rework terbesar yaitu Jarak Antara Pivot sebesar 14(33,3%) dan variabel Offset merupakan karakteristik rework terkecil yaitu sebesar 7(16,7%), Kemudian dapat diketahui apa yang menjadi penyebab terjadinya penyimpangan dalam produk yang dihasilkan. Selain itu dapat ditunjukkan bahwa proses produksi fork berada dalam keadaan terkendali tetapi masih terdapat variabilitas produk dalam prosesnya. Sedangkan berdasarkan Acceptance Sampling terdapat dua variabel yang diterima yaitu Tinggi Kaki Fork dan Tinggi Pivot, sedangkan Jarak Antara Pivot dan Offset ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/692/050803545
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2008 10:28
Last Modified: 22 Nov 2008 10:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139525
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item