Desain Dan Implementasi Mobile Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran 3D Hidrosfer

Aristo, Ryan (2018) Desain Dan Implementasi Mobile Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran 3D Hidrosfer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelajaran Geografi adalah merupakan pelajaran yang dianggap tidak mudah bagi sebagian besar siswa. Banyak diantara mereka yang tidak tertarik pada mata pelajaran ini, karena begitu luasnya ruang lingkup materi dan kurang adanya visualisasi yang dipelajari dalam mata pelajaran geografi ini. Dalam hal ini peran dari teknologi informasi seperti teknologi mobile augmented reality untuk memberikan data suatu informasi khususnya hidrosfer. Berdasarkan permasalahan tersebut, suatu pengetahuan mengenai atmosfer dan hidrosfer memang cukup sulit untuk dijabarkan karena kedua hal tersebut merupakan suatu gejala alam yang sulit untuk dilihat namun dapat dirasakan oleh manusia. Pengetahuan mengenai atmosfer dan hidrosfer ini biasanya didapat dari buku, tenaga pengajar atau ahli ilmu pengetahuan. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah memvisualisasikan dalam bentuk aplikasi mobile augmented reality untuk media pembelajaran 3D hidrosfer. Berdasarkan pengujian validasi telah memenuhi seluruh kebutuhan fungsional. Pada hasil dari pengujian usability menggunakan metode System Usability Scale didapatkan skor SUS sebesar 82. Skor SUS tersebut menunjukkan bahwa aplikasi aplikasi mobile augmented reality untuk media pembelajaran 3D hidrosfer dapat digunakan dengan mudah. Pada hasil dari pengujian media pembelajaran menunjukkan aplikasi mobile augmented reality untuk media pembelajaran 3D hidrosfer dapat digunakan dengan baik pada pengguna

English Abstract

Geography Lesson is a lesson that is considered not easy for most students. Many of them are not interested in this subject, because of the vastness of the scope of the material and the lack of visualization learned in this geography subject. In this case the role of information technology such as mobile augmented reality technology to provide data of a particular information hidrosfer. Based on these problems, a knowledge of the atmosphere and the hydrosphere is quite difficult to pin down because they are a natural phenomenon that is hard to see but can be perceived by humans. This knowledge of the atmosphere and the hydrosphere is usually obtained from books, faculty, or scientists. One method that can be applied to overcome these problems is to visualize in the form of mobile augmented reality applications for 3D hydrosphere learning media. Based on validation testing has fulfilled all functional requirements. In the results of usability testing using the System Usability Scale method obtained SUS score of 82. SUS Score shows that the application of mobile augmented reality applications for 3D learning media hidrosfer can be used easily. In the results of the testing of instructional media shows mobile augmented reality applications for 3D learning media hydrosphere can be used well on the user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/722/051808635
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Hidrosfer, Media Pembelajaran, Usabilitas Augmented Reality, Hydrosphere, Media Learning, Usability
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:23
Last Modified: 22 Oct 2021 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13952
[thumbnail of Ryan Aristo.pdf]
Preview
Text
Ryan Aristo.pdf

Download (17MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item