Pengaruh Konsentrasi NaOH (Natrium Hidroksida) Dalam Pembakaran Droplet Minyak Jarak (Jatropha Curcas Linn) Dengan Dialiri Arus Listrik Terhadap Karakteristik Pembakaran Difusi

ArfianYuhanoFitri (2008) Pengaruh Konsentrasi NaOH (Natrium Hidroksida) Dalam Pembakaran Droplet Minyak Jarak (Jatropha Curcas Linn) Dengan Dialiri Arus Listrik Terhadap Karakteristik Pembakaran Difusi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya kebutuhan sumber energi setiap tahun, khususnya bahan bakar fossil yang banyak digunakan adalah minyak bumi dalam berbagai bidang terutama industri dan transportasi akan menyebabkan semakin menipisnya jumlah minyak bumi yang tersedia di alam. Mengingat sifatnya yang unrenewable , sehingga perlu dilakukan suatu usaha diversifikasi sumber energi lain yang mempunyai propertis mendekati minyak bumi dan bersifat renewable .Serta diperlukan berbagai teknologi agar karakteristik energi tersebut mendekati minyak bumi, dimana dalam penelitian ini menggunakan penambahan NaOH dengan dialiri arus listrik Pengujian dilakukan secara true experiment dengan membandingkan hasil temperatur pembakaran, waktu reaksi pembakaran, serta intensitas bentuk nyala api pada pembakaran droplet minyak jarak pagar dengan pemberian NaOH dan dialiri arus listrik. Pada pengujian ini menggunakan variabel bebas variasi konsentrasi NaOH ( 0 ; 0,2 ; 0,4 ; 0,6 ; 0,8 ; 1 ) %. Dimana pembakaran dilakukan dengan dialiri arus listrik dan tanpa dialiri arus listrik. Hasil pengujian menunjukkan,dengan penambahan NaOH 0 % sampai 0,4 % menunjukkan temperatur pembakaran semakin turun dan waktu pembakaran semakin cepat. Hal ini dikarenakan dengan penambahan NaOH maka semakin besar intensitas arus listrik didalam droplet , sehingga semakin besar pula tumbukan elektron terhadap molekul minyak jarak. Dengan semakin besar tumbukan, maka semakin banyak ikatan molekul minyak dalam pembakaran droplet yang melemah dan merenggang, sehingga mudah terbakar. Sedangkan pada penambahan NaOH 0,4 % sampai 1 % menunjukkan temperatur pembakaran semakin naik dan waktu pembakaran semakin lambat. Hal ini dikarenakan larutan dalam droplet dengan semakin besar penambahan NaOH, larutan semakin jenuh.Dngan semakin jenuh larutan, maka viskositas semakin tinggi. Dengan semakin tingginya viskositas, maka efek marangoni semakin kecil, sehingga menghambat pembakaran droplet .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/658/050803306
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Oct 2008 13:29
Last Modified: 28 Oct 2008 13:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139489
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item