Studi Alternatif Perencanaan Bangunan Terowongan Pengelak Tipe Tapal Kuda Pada Bendungan Tapin Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan.

BenyEkoPrasetyo (2008) Studi Alternatif Perencanaan Bangunan Terowongan Pengelak Tipe Tapal Kuda Pada Bendungan Tapin Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk pengembangan sumber daya air guna pemenuhan kebutuhan irigasi di Tapin, dibangun Bendungan Tapin. Dalam pelaksanaannya diperlukan suatu sistem pengelak berupa terowongan Pengelak ( Diversion Tunnel ) untuk.mengelakkan air sungai. Setelah bangunan bendungan telah selesai, fungsi terowongan ini akan berubah menjadi saluran pengambilan. Desain awal terowongan pengelak ini adalah berupa terowongan lingkaran. Bentuk tapal kuda diajukan sebagai alternatif desain pada tulisan ini karena strukturnya dianggap lebih stabil dan menghasilkan penurunan yang lebih kecil dibanding terowongan dengan bentuk lingkaran. Perhitungan gaya-gaya dalam pada perencanaan ini menggunakan bantuan Program STAADPro 2004 yang menggunakan konsep metode elemen hingga. Pada penyelesaian ini struktur terowongan dimodelkan sebagai struktur plat yang menahan beban-beban seperti beban mati, beban batuan, tekanan tanah kondisi normal dan gempa, beban grouting, tekanan air dalam dan tekanan air luar. Alternatif bentuk tapal kuda direncana dengan diameter untuk terowongan pengelak dan irigasi 6,0 meter, setelah dilakukan perhitungan dapat disimpulkan dimensi yang direncana mampu menampung debit banjir Q 25 sebesar 354,34 m 3 /det.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/622/050803271
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Oct 2008 14:54
Last Modified: 27 Oct 2008 14:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139456
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item