Implementasi Location Based Service dengan Metode A-GPS pada Jaringan GSM

LusianaWulanjari (2008) Implementasi Location Based Service dengan Metode A-GPS pada Jaringan GSM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi begitu cepat. Salah satu perkembangan tersebut adalah teknologi informasi dan layanan baru yaitu Location Based Service (LBS). Location Based Service merupakan suatu layanan yang memberikan informasi tentang geografi terhadap lokasi sebuah terminal bergerak salah satunya adalah untuk mengetahui suatu posisi hotel, rumah makan, informasi cuaca atau informasi dimana kita berada dll. Untuk mengaplikasikan layanan LBS, dikenal beberapa metode yaitu Basic Positioning yang berbasis pada Cell identification (Cell ID) atau Cell Global Identity-Time of Arrival (CGI-TA), Metode enhanced Positioning yang umumnya menggunakan pendekatan Enhanced –Observe Time difference (E-OTD), Metode Advanced Positioning yang umumnya menggunakan teknologi Assisted- Global Positioning System (A-GPS) [ Antonius Aditya Hartanto : 41]. Pada skripsi ini LBS akan diaplikasikan pada Metode Advanced Positioning yang umumnya menggunakan teknologi Assisted- Global Positioning System (A-GPS) yaitu aplikasi pada armada transportasi atau Vehicle Tracking dengan memanfaatkan teknologi GPS. Sistem ini terdiri dari dua bagian yaitu client (obyek ) dan server ( pemantau ). Proses dari alat ini adalah dengan cara server meminta posisi client dengan cara calling, kemudian client akan membalas request dengan SMS berupa posisi obyek saat ini. Server menerima SMS yang kemudian ditampilkan pada monitor berupa titik koordinat pada suatu peta digital. Permintaan data posisi hanya dapat diakses dengan cara calling. Tampilan koordinat pada peta tidak real time, dengan delay time sekitar 8 detik. Keakuratan posisi tergantung pada kecepatan laju obyek, semakin tinggi kecepatan obyek, maka data yang diperoleh semakin tidak akurat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/60/050800506
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Feb 2008 10:45
Last Modified: 29 Feb 2008 10:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139432
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item