Perancangan LATCS (Local Area Traffic Control System) Menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) dan RTC (Real Time Clock)”

AgusSetiono (2008) Perancangan LATCS (Local Area Traffic Control System) Menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) dan RTC (Real Time Clock)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemacetan lalu lintas merupakan masalah yang sudah umum dihadapi masyarakat perkotaan. Berbagai macam cara sudah diusahakan pemerintah, salah satunya adalah pengaturan waktu nyala lampu lalu lintas yang bisa menyesuaikan dengan kepadatan ruas jalan atau yang lebih dikenal dengan teknologi ATCS (Area Traffic Control System). Namun, penerapan teknologi ini membutuhkan investasi mahal dan operator yang handal. Skripsi ini akan merancang pengendali nyala lampu lalu lintas yang dinamakan LATCS (Local Area Traffic Control System). LATCS menggunakan PLC sebagai pengendali utama dan unit informasi zona waktu sebagai masukan PLC agar bisa menjalankan program sesuai dengan zona waktu yang diatur operator. Unit informasi zona waktu terdiri dari RTC, Mikrokontroler, keypad dan LCD. Dari hasil pengujian ditunjukkan bahwa aktif hijau pada timing diagram mempunyai kesamaan dengan lama nyala hijau yang dirancang baik saat dioperasikan manual, semiotomatis dan full-otomatis. Perangkat lunak menghasilkan 456 instruksi, waktu respon I/O minimal saat me-refresh keluaran melalui siklus dan maksimal secara langsung adalah 19,09625 ms, waktu respon I/O minimal saat me-refresh keluaran melalui siklus adalah 18,8 ms, waktu respon I/O maksimal saat me-refresh melalui siklus adalah 20,1925 ms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/58/050800504
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Feb 2008 10:21
Last Modified: 29 Feb 2008 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139410
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item