Elemen Fisik Ruang Belajar Bersama sebagai Pendorong Proses Belajar Anak di Panti Asuhan.

AnisaImaniarEkaPutri (2008) Elemen Fisik Ruang Belajar Bersama sebagai Pendorong Proses Belajar Anak di Panti Asuhan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Panti asuhan merupakan salah satu wadah hunian sosial yang memiliki karakteristik yang khas, baik lingkungan pembentuknya dan penghuninya. Didominasi oleh penghuni tingkat anak-anak dan remaja yang berbeda tingkat kebutuhannya. Usia anak-anak, merupakan usia terpenting bagi perkembangan psikologis yang menentukan kepribadian saat dewasa nantinya, tentu saja membutuhkan perhatian khusus. Hal ini tampak pada aktivitas-aktivitas anak, termasuk pada saat proses belajar bersama sebagai aktivitas yang dapat mencermikan perkembangan pembelajaran sekaligus kehidupan sosial anak. Hal ini tidak akan terlepas dari kondisi bangunan panti sebagai pembentuk lingkungan anak yang saling berpengaruh terhadap perilaku anak, khususnya pada saat proses belajar bersama. Penelitian ini pada dasarnya melihat, mendeskripsikan dan memahami perilaku anak penghuni panti asuhan terhadap lingkungan (ruang) di sekitarnya. Fokus penelitian adalah aktivitas belajar bersama untuk anak-anak pada ruang-ruang di dalam panti asuhan yang mewadahi aktivitas tersebut. Penelitian yang dilakukan termasuk pada penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merujuk pada suatu proses investigasi untuk memahami fenomena yang terjadi di ruang belajar bersama, oleh anak-anak, dan berbataskan pada aktivitas belajar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perilaku anak yang berbeda pada setting yang berbeda. Kondisi setting beserta elemen fisik di dalamnya dapat memberikan dampak positif maupun negatif berkenaan dengan aktivitas belajar anak. Hal ini membuktikan bahwa elemen fisik ruang sebagai salah satu faktor pembentuk ruang tentu saja akan memberikan pengaruhnya terhadap perilaku anak pada saat proses belajar berlangsung. Kondisi ruang akan berpengaruh langsung pada daya konsentrasi anak selama tahap pembelajaran. Di samping itu, kondisi ruang juga dapat memfasilitasi kebutuhan perkembangan anak untuk bersosialisasi dan bermain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/577/050802781
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Sep 2008 14:57
Last Modified: 17 Sep 2008 14:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139407
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item