Analisis Pengaruh Pemasangan Dinding Pengisi Terhadap Gaya Dalam dan Deformasi pada Portal Beton Bertulang dengan Menggunakan Metode Kekakuan.

RizkiElianto (2008) Analisis Pengaruh Pemasangan Dinding Pengisi Terhadap Gaya Dalam dan Deformasi pada Portal Beton Bertulang dengan Menggunakan Metode Kekakuan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinding pengisi merupakan bagian dari suatu bangunan yang umumnya berfungsi sebagai penutup bangunan dan pemisah ruangan yang ada pada gedung tersebut sesuai dengan kebutuhan ruangan yang direncanakan. Pemasangan dinding pengisi yang terdiri dari batu bata dan mortar seringkali dilakukan saat struktur utama gedung seperti kolom, balok dan pelat sudah selesai dilaksanakan sehingga keberadaannya dianggap sebagai bagian nonstruktural dari suatu gedung. Pada kenyataannya, jika dinding pengisi dipasang rapat pada portal tanpa ada sekat antara bidang kontak dinding dengan kolom dan balok portal, dinding pengisi dapat memberikan kekakuan portal dan akan mempengaruhi perilaku portal yang terjadi terutama akibat beban gempa. Tahanan akibat adanya beban gempa yang diberikan oleh dinding pengisi adalah berupa tahanan tekan diagonal sepanjang panel portal dengan lebar efektif sebesar 0,25 dari panjang diagonal efektif dinding pengisi (Tom Paulay dan Nigel Priestley, 1991 : 588) . Dengan adanya pemasangan dinding pengisi yang berbeda pada portal suatu gedung, akan mempengaruhi kekakuan pada masing-masing portal. Kekakuan yang berbeda-beda pada portal akan mempengaruhi beban gempa yang diterima portal dan eksentrisitas pusat kekakuan yang menyebabkan momen puntir pada gedung tersebut meskipun gedung memiliki kolom dan balok yang sama. Metode kekakuan digunakan untuk menganalisis bagaimanakah deformasi dan gaya dalam yang terjadi pada portal beton bertulang akibat adanya pemasangan dinding pengisi. Pada analisis ini terdapat elemen kolom dan balok yang memiliki 3 derajat kebebasan dan dinding pengisi yang hanya memiliki 1 derajat kebebasan saja pada tiap titik, dari masing-masing elemen tersebut harus disuperposisikan untuk merakit matrik kekakuan global yang nantinya digunakan untuk mendapatkan deformasi dan gaya dalam portal beton bertulang. Dari hasil analisis maka didapatkan pengaruh dinding pengisi yang paling utama adalah terhadap kekakuan portal, dari kekakuan portal inilah yang menyebabkan eksentrisitas pusat massa dengan pusat kekakuan yang sangat besar sehingga terjadi momen puntir yang sangat besar pula. Dengan menggunakan metode kekakuan didapatkan deformasi lateral paling besar dari model gedung yang dianalisis adalah pada portal 1, hal ini dikarenakan adanya penambahan beban lateral yang sangat besar akibat adanya momen puntir pada gedung. Gaya dalam yang terjadi pada masing-masing portal sangat berbeda secara signifikan antara portal satu dengan yang lainnya, hal ini dikarenakan perbedaan beban vertikal, beban lateral, dan kekakuan akibat adanya pemasangan dinding pengisi pada portal beton bertulang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/568/050802772
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Sep 2008 09:55
Last Modified: 18 Sep 2008 09:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139398
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item