Perancangan Radio Internet untuk Ekspansi Area Cakupan E-FM.

AgungChristiantoroSindu (2008) Perancangan Radio Internet untuk Ekspansi Area Cakupan E-FM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Radio kampus di lingkungan Teknik Elektro Universitas Brawijaya atau yang lebih dikenal dengan E-FM (dulu bernama TEUB-FM) kembali mengudara, namun sebagaimana radio kampus lainnya, area cakupan E-FM terbatas di sekitar kampus saja. Hal tersebut tentunya sangat membatasi ruang perkembangan radio ini, mengingat banyak mahasiswa maupun alumni Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang berdomisili jauh dari kampus sehingga tidak terjangkau oleh siaran radio E-FM. Kemajuan teknologi informasi, termasuk dalam internet, melahirkan metode baru dalam penyiaran radio dengan menggunakan aplikasi streaming pada suatu jaringan komputer misalnya internet. Dengan memanfaatkan teknologi ini, siaran radio kampus dapat diselenggarakan dengan area cakupan yang lebih luas karena dengan metode streaming melalui internet, siaran radio E-FM dapat dinikmati di manapun selama tersedia akses internet. Untuk merealisasikan konsep tersebut, maka pada tugas akhir ini akan dibuat perancangan radio internet pada radio E-FM. Radio internet ini dirancang dengan bandwidth 36,356 kbps menggunakan konsep server – client yang bersifat unicast dan berbasis World Wide Web dimana client memainkan suatu data multimedia dengan cara mengunduh ( download ) data itu dari sebuah komputer server (langsung/ live maupun tidak langsung/ prerecorded ) kemudian memainkannya tanpa menunggu seluruh data tersebut selesai diunduh dalam bentuk pre-recorded streaming dan live streaming . Selanjutnya radio internet yang dirancang tersebut diuji dengan cara mengunduh data multimedia yang telah disediakan server menggunakan jaringan internet. Dari pengujian ini diperoleh data primer. Kemudian dengan menggunakan data primer dan sekunder, radio internet dianalisis performansinya. Hasil dari analisis ini digunakan untuk pengambilan kesimpulan. Dari hasil pengujian dengan jumlah client maksimal sesuai perancangan menunjukkan bahwa sistem radio internet dapat bekerja dengan baik yang diindikasikan dengan penerimaan audio streaming di sisi client secara kontinyu atau tidak putus-putus dengan parameter throughput berkisar antara 2,376 – 5,845 paket/s, kecepatan transmisi yang diterima berkisar antara 29,921 – 62,233 kbps, prosentase packet loss berkisar antara 0,02 – 5,64 %, prosentase paket dengan delay end to end lebih besar dari 400 ms berkisar antara 0 – 1,71 %, delay jitter berkisar antara 0,171 – 0,422 s. Saat jumlah client melebihi kapasitas yang dirancang maka performansi sistem mengalami penurunan yang diindikasikan dengan penerimaan audio streaming di sisi client sering putus-putus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/560/050802719
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Sep 2008 13:52
Last Modified: 10 Sep 2008 13:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139390
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item