Perencanaan Layanan Informasi Untuk Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang Melalui SMS.

DyahAyuPrameswari (2008) Perencanaan Layanan Informasi Untuk Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang Melalui SMS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi komunikasi Global System for Mobile Communications (GSM) berkembang sangat pesat dengan semakin banyaknya permintaan masyarakat dari berbagai kalangan. Salah satu fiturnya yang paling banyak dikenal dan digunakan yaitu Short Message Service (SMS). Hal yang sedang dikembangkan di bidang pendidikan khususnya di pendidikan perkuliahan adalah bagaimana menggunakan sarana yang terdapat pada telepon seluler yaitu Short Message Service (SMS) untuk dapat memberikan informasi dari dosen untuk seluruh mahasiswa secara otomatis tanpa adanya seorang mahasiswa maupun pihak lain yang harus selalu siap menyampaikan informasi secara manual kepada mahasiswa yang lainnya. Pada skripsi ini dibuat aplikasi yang dapat meningkatkan pelayanan sekaligus efisiensi yaitu sistem layanan infomasi dosen untuk mahasiswa menggunakan SMS gateway . Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access 2000. Pengujian dilakukan terhadap proses transfer data Personal Computer (PC) terhadap antarmuka kabel serial RS-232. Konfigurasi jaringan SMS gateway dilakukan menggunakan aplikasi yang sudah dibuat dengan Visual Basic 6.0 pada Microsoft Windows XP Professional version 2002. Pada pengujian didapatkan, sistem dapat menerima dan mengirim SMS secara otomatis berdasarkan informasi SMS pengirim atau dosen. Pada pengujian, waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk mengirimkan SMS sampai dengan diterima oleh handphone server , dan diterima di handphone mahasiswa pada pukul 12.00-11.00 adalah 31,4 detik sedangkan pengujian yang dilakukan selama 7 hari setiap pukul 14.00 didapat waktu rata-rata 35,4 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/529/050802567
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Sep 2008 08:48
Last Modified: 01 Sep 2008 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139364
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item