Penerapan CAC (Call Admission Control) pada sistem komunikasi bergerak seluler CDMA (Code Division Multiple Acess).

WiwiekAndriana (2008) Penerapan CAC (Call Admission Control) pada sistem komunikasi bergerak seluler CDMA (Code Division Multiple Acess). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Code Division Multiple Access (CDMA ) adalah suatu sistem komunukasi di mana setiap user menggunakan frekuensi yang sama dalam mentransmisikan informasi.CDMA bekerja pada frekuensi 800 MHz – 1900 MHz. Peningkatan kapasitas pelanggan menyebabkan luasan cakupan (coverage area) dari suatu site semakin menyempit sehingga dapat terjadi panggilan yang tiba-tiba terputus (drop call) dan panggilan yang tidak dapat tersambung akibat gangguan pada jaringan (blocked call) , kedua hal ini akan menyebabkan tingkat kualitas layanan komunikasi menurun . Oleh karena itu, call admission control penting sekali. CAC ( call admission control ) adalah suatu proses untuk mengatur panggilan akan diterima atau ditolak. Kelebihan beban dalam sistem akan mengurangi kualitas layanan suara dan data yang dikirim. Suatu mekanisme untuk mengatur sumber radio agar tidak kelebihan beban pada suatu hubungan dengan membatasi jumlah pelanggan. Kemudian user akan diterima jika prediksi nilai k th SIR ³ SIR . Dalam penulisan skripsi ini parameter yang digunakan terhadap call admission control pada CDMA adalah energi bit per interferensi (Eb/Io), bandwidth (1,25 MHz), faktor aktifitas suara ( = 0,6 voice V ), faktor aktivitas data ( = 1 data V ), frekuensi (800 MHz), gain antena, dan daya sinyal. Dari hasil analisis dan perhitungan pada voice dan data dengan menggunakan metode SIR, maka didapatkan jumlah pelanggan yang dapat diterima sebesar 49 user untuk voice dan 30 user untuk data. Di dalam analisis admission control diperlukan nilai SIR-threshold dimana nilai k th SIR ³ SIR . Apabila ³ 0 k R maka nilai sisa kapasitas ( k R ) menjadi negatif , panggilan tersebut akan ditolak apabila lebih dari jumlah user maksimumnya .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/524/050802562
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Sep 2008 11:23
Last Modified: 01 Sep 2008 11:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139360
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item