Penerapan Jaringan Internet Menggunakan Power Line Carrier

IntanYuanitaHermanto (2008) Penerapan Jaringan Internet Menggunakan Power Line Carrier. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Internet sebagai jaringan data global berbasis TCP/IP menjadi teknologi yang berkembang pesat saat ini. Namun biaya, instalasi dan perlengkapan yang tinggi menjadi salah satu kendala terutama bagi individu untuk mengaplikasikan internet . Power Line Communication sebuah implementasi yang dianggap tepat untuk pengembangan internet . Dengan memanfaatkan instalasi kabel listrik yang telah ada, komunikasi data broadband dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Di samping itu, pemanfaatan jaringan listrik tegangan rendah sebagai alternatif transmisi data melalui media kabel dapat mengurangi penggunaan kabel UTP, koaksial atau kabel lainnya. Sinyal data berfrekuensi sangat tinggi 2-30 MHz dilewatkan pada jaringan listrik yang memiliki frekuensi rendah 50 Hz dengan teknik modulasi multi carrier yaitu spread spectrum atau OFDM. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai BER terbesar yaitu 2,48x10 -11 diperoleh pada frekuensi kerja 30 MHz dalam jarak 0,9 km dengan menggunakan 2 repeater saja. Sedangkan BER terkecil sebesar 1,04x10 -63 pada frekuensi 2 MHz dengan jarak 1 km, 3 repeater . Hal ini menunjukkan kualitas sinyal pada PLC dapat diterima dengan baik. Untuk delay end to end , diperoleh nilai tertinggi sebesar 18,354 ms untuk layanan paket data yang terbesar yaitu data dengan jarak transmisi 1 km. Nilai delay terendah sebesar 11,253 ms untuk layanan suara dengan jarak 0,7 km. Sedangkan nilai throughput bertambah besar dengan semakin kecilnya ukuran data yaitu untuk layanan suara sebesar 1720 paket/s. Untuk throughput layanan data nilainya kecil sebesar 247 paket/s. Sehingga dapat disimpulkan bahwa throughput berbanding terbalik dengan ukuran data dan jarak transmisinya. Selain itu hasil perhitungan kecepatan rata-rata data bila dibandingkan dengan pengujiaannya menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dari perhitungan merupakan nilai kecepatan upstream pada hasil pengujian di lapangan yang nilainya tidak lebih dari 3 Mbps.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/523/050802561
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Sep 2008 11:33
Last Modified: 01 Sep 2008 11:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139359
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item