Sistem Informasi Potensi Pembangunan Pertanian Di Kabupaten Ponorogo .

ElviraRosaHadiningtyas (2008) Sistem Informasi Potensi Pembangunan Pertanian Di Kabupaten Ponorogo . Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Melihat kondisi saat ini, kebutuhan akan sistem informasi potensi daerah sangat diperlukan pada setiap daerah dalam memonitor dan mempromosikan potensi daerahnya, khususnya di bidang pertanian melalui peta interaktif secara online kepada masyarakat umum dan calon investor di daerahnya. Pertumbuhan potensi pertanian yang sangat cepat memerlukan sistem yang mendukung agar data -data potensi pertanian dapat dipantau dengan jelas. Selain itu, untuk mengantisipasi cepatnya pertumbuhan dan perubahan data potensi pertania n di daerah, membantu pengelolaan data dan transfer informasi potensi pertanian di daerah kepada masyarakat dan calon investor, maka dibuatlah sistem informasi berbasis web ini yang akan dipasang pada jaringan internet. Perancangan dan pengimplementasian S istem Informasi Potensi Pembangunan Pertanian Di Kabupaten Ponorogo ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Versi 5.2.1), server basis data MySQL (Versi 5.0.37) , dan Web server Apache (Versi 2.2.4). Sistem Informasi Potensi Pembangunan Per tanian Di Kabupaten Ponorogo ini menggunakan data -data dari Sub Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Fungsi utama dari sistem informasi ini adalah penyajian informasi potensi pertanian di Kabupaten Ponorogo secara online . Sehingga dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah Dinas Pertanian, khususnya Sub Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dalam mengelola data -data pertanian, dan mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang data atau informasi pertanian. Pengujian Sistem Informasi Potensi Pembangunan Pertanian Di Kabupaten Ponorogo dilakukan pada setiap aplikasi sistem untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh tiap-tiap aplikasi sistem tersebut. Hasil dari pengujian aplikasi sistem dapat diketahui bahwa aplikasi sistem pada Sistem Informasi Potensi Pembangunan Pertanian Di Kabupaten Ponorogo dapat melakukan proses sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Aplikasi Sistem Informasi Potensi Pembangunan Pertanian dapat dijalankan pada jaringan kompu ter yang menggunakan protokol TCP/IP. Hal ini dibuktikan dengan adanya koneksi antara komputer server (alamat IP: 192.168.0.2) dengan komputer client (alamat IP: 192.168.0.3) ditunjukkan dengan adanya kondisi ( state ): ESTABLISHED. Kondisi ( state ): ESTABLISHED menunjukkan bahwa pertukaran data antara komputer server dan komputer client dapat dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/481/050802283
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Aug 2008 16:02
Last Modified: 25 Aug 2008 16:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139324
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item