Alat Pendeteksi Kualitas Udara Pada Area Parkir Dalam Gedung Tertutup

HeriKusbiantoro (2008) Alat Pendeteksi Kualitas Udara Pada Area Parkir Dalam Gedung Tertutup. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Area parkir kendaraan bermotor sangat dibutuhkan sesuai dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang sampai saat ini sebagian besar masih menggunakan bahan bakar fosil, sehingga gas buang kendaraan bermotor menghasilkan gas karbon monoksida dan partikel (asap/jelaga) dari pembakaran yang tidak sempurna.. Seiring perkembangannya area parkir saat ini sudah dibangun dalam gedung tertutup, baik sebagai bangunan fungsi utama maupun bangunan fungsi pendam ping seperti di mall maupun pusat-pusat perkantoran. Jika area parkir ini dibangun dalam ruangan tertutup masalah akan timbul yakni aliran udara yang tidak bebas, tidak seperti pada area parkir terbuka, daerah-daerah perimeter (daerah sudut) dalam gedung parkir memungkinkan terjadi penumpukan polusi kendaraan bermotor termasuk didalamnya gas karbon monoksida dan asap/jelaga kendaraan bermotor. Untuk mengatasi hal tersebut pemasangan detektor polusi yang baik dan diimbangi dengan ventilasi udara yang benar diharapkan penumpukan polusi dapat diminimalisir bahkan dihilangkan. Dengan alat yang dibuat kali ini dapat mendeteksi kandungan gas karbon monoksida, asap/jelaga, serta temperatur dalam ruangan parkir secara kualitatif. Pemasangan fan sebagai ventilasi mekanik dengan putaran yang diatur sesuai kondisi udara dalam ruangan parkir, diharapkan setiap orang yang berada didalam gedung parkir tetap aman dan nyaman untuk beraktifitas. Juga dilengkapi dengan pendeteksi kebakaran yang terintegrasi dengan pemadam api secara otomatis jika terjadi kebakaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/458/050802260
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2008 09:03
Last Modified: 03 Sep 2008 09:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139300
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item