Perancangan dan Pembuatan Antarmuka Aplikasi Konfigurasi Keamanan Jaringan Berbasis Web.

AriefLinggarR (2008) Perancangan dan Pembuatan Antarmuka Aplikasi Konfigurasi Keamanan Jaringan Berbasis Web. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Website dapat digunakan untuk mengkonfigurasi sebuah mesin, peralatan atau sebuah sistem. Sebuah website dapat menjadi alternatif untuk menkonfigurasi sebuah keamanan jaringan dari tempat lain. Berdasarkan kebutuhan akan alternatif ini dibuatlah sebuah Aplikasi Antarmuka Keamanan Jaringan Berbasis Web (Amaris). Aplikasi Amaris dibuat untuk mengkonfigurasikan IPTables Firewall pada sebuah router . Objek konfigurasi adalah pada tabel filtering IPTables . Aplikasi mempunyai kemampuan untuk melihat isi pada IPTables , menambah rules filtering , menghapus rules , menyimpan IPTables dan mengembalikan IPTables kekeadaan sebelumnya. Aplikasi dibuat dengan bahasa pemograman PHP, pada sebuah sistem operasi Linux Fedora Core 9 . Pengembangan sistem menggunakan pemodelan analisis terstruktur dengan desain prosedural dan pemrograman struktural (fungsional). White box testing dilakukan pada pengujian unit yang bertujuan untuk menguji setiap algoritma fungsi dalam sebuah modul sistem. Black box testing dilakukan pada pengujian validasi yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan sistem dalam memenuhi semua spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang ditentukan dalam desain. Pengujian telah dilakukan dengan pengujian unit dan pengujian validasi.Hasil dari pengujian aplikasi Amaris secara keseluruhan menunjukan bahwa dengan memodifikasi file sudoers pada Fedora Core 9 , aplikasi dapat mendapatkan permission sebagai root sehingga berfungsi sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/451/050802253
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Aug 2008 11:24
Last Modified: 25 Aug 2008 11:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139294
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item