Prototipe Sistem Pencegah Penculikan Anak Pada Taman kanak-kanak

TriNarcahyoNugroho (2008) Prototipe Sistem Pencegah Penculikan Anak Pada Taman kanak-kanak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sangatlah pesat. Perkembangan teknologi khususnya bidang elektronika telah membawa perubahan dan kemajuan yang begitu cepat dan canggih. Dan perkembangan teknologi dalam bidang keamanan membuat banyak diciptakan alat-alat elektronika yang membantu pekerjaan manusia. Saat ini manusia selalu menginginkan kemudahan-kemudahan dalam mendapatkan apa yang diinginkan. Dan seiring dengan perkembangan teknologi digital yang semakin maju, oleh sebab itu maka dibuatlah alat elektronik yang dapat membantu pekerjaan manusia. Salah satu permasalahan dalam bidang keamanan yang menggunakan suatu teknologi RFID sebagai alat keamanan untuk identifikasi murid dan orang tua murid saat penjemputan anak pulang sekolah dari hal-hal yang tidak di inginkan misalnya penculikan anak yang sekarang ini meresahkan masyarakat. Berdasarkan permasalaan di atas maka penulis merancang suatu alat yang bertujuan mempermudah pihak sekolah dan memberi rasa aman pada orang tua murid. Diharapkan adanya alat ini dapat membantu pihak sekolah dalam identifikasi anak dan memberi kedisiplinan pada anak dengan biaya yang lebih ekonomis dan alat yang lebih efektif pengunaannya. Maka dibuat suatu alat otomatis berbasis mikrokontroller menggunakan RFID sebagai sensor untuk mengidentifikasi murid dan orang tua pada saat penjemputan pulang sekolah. Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi wireless yang kompak yang berpotensi sangat besar untuk kemajuan perniagaan ( commerce ). RFID menggunakan chip yang dapat dideteksi pada range beberapa meter oleh pembaca RFID. Tag RFID yang telah diperbaharui mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan teknologi identifikasi lainnya dan dapat juga digunakan untuk system keamanan. Tag RFID menawarkan solusi identifikasi dengan berbagai macam tingkat keamanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/447/050802249
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Aug 2008 15:51
Last Modified: 22 Aug 2008 15:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139289
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item