Sistem Pengendalian Suhu Dan Intensitas Cahaya Pada Prototype Rumah Kaca Budidaya Krisan (Chrysanthemum sp.) menggunakan Logika Fuzzy.

ViviHerraSetyawati (2008) Sistem Pengendalian Suhu Dan Intensitas Cahaya Pada Prototype Rumah Kaca Budidaya Krisan (Chrysanthemum sp.) menggunakan Logika Fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian suhu serta intensitas cahaya yang masih dilakukan secara manual menyebabkan pembudidayaan bunga krisan kurang begitu optimal. Dengan penerapan algoritma fuzzy pada budidaya krisan yang dirancang pengendalian suhu serta intensitas cahayanya diharapkan dapat lebih optimal. Rancangan prototype rumah kaca budidaya krisan yang dibuat terdiri dari susunan rangkaian komponen sensor suhu, sensor cahaya, rangkaian ADC 0809, rangkaian mikrokontroler AT89S51, rangkaian DAC 0808, rangkaian LCD, dan rangkaian driver aktuator untuk lampu dan kipas ( fan ). Untuk perangkat lunak ( software ) yang digunakan menggunakan bahasa Assembly sebagai software yang diterapkan pada mikrokontroler AT 89S51 yang nantinya akan mengontrol suhu serta intensitas cahaya secara otomatis. Perancangan software dimulai dengan membuat fuzzifikasi serta rule evaluation yang selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk diagram alir ( flowchart ). Dari hasil perancangan, pengujian yang dilakukan dengan menggunakan kontrol logika fuzzy pada prototype rumah kaca budidaya krisan ini memiliki tingkat error steady state yang kecil yaitu kurang dari 5% pada saat terjadi gangguan. Dengan set point sebesar 23 0 C untuk suhu, waktu yang diperlukan untuk mencapai steady state dengan suhu awal 20 0 C adalah sekitar 690 detik, dengan tingkat error steady state sebesar 0,43%. Sedang untuk intensitas cahaya dengan set point sebesar 1500 lux, waktu yang diperlukan untuk mencapai steady state dengan intensitas awal 1000 lux adalah sekitar 65 detik, dengan tingkat error steady state sebesar 1,67%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/424/050802226
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2008 14:39
Last Modified: 14 Aug 2008 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139267
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item