Analisis Tegangan Pada Head Spindle Batch Type Electrically Driven Centrifugals Dengan Metode Elemen Hingga ” ( Studi Kasus di Pabrik Gula Kebon Agung)

AndikVeriIrawan (2008) Analisis Tegangan Pada Head Spindle Batch Type Electrically Driven Centrifugals Dengan Metode Elemen Hingga ” ( Studi Kasus di Pabrik Gula Kebon Agung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Batch centrifugals merupakan mesin yang sangat penting bagi industri-industri gula di Indonesia pada umumnya dan di PG. Kebon Agung pada khususnya. Head spindle batch adalah salah satu komponen yang penting pada mesin tersebut. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap negara lain serta efisiensi waktu dan biaya perlu dilakukannya analisa lebih lanjut. Pada poros tersebut mengalami pembebanan dinamis yang berfluktuasi sehingga menyebabkan patah lelah. Patah lelah akan mengakibatkan kerusakan atau material menjadi turun kualitasnya meskipun beban maksimum yang terjadi masih dibawah ultimate strength bahan atau lebih tepatnya life time -nya lebih pendek dari yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan head spindle batch type electrically driven centrifugals akibat pembebanan dan usia material saat terjadi patah lelah. Dalam penelitian ini metode pengerjaan yang digunakan dalam penyelesaian masalah ini adalah metode analisa dengan metode elemen hingga yang dibantu dengan software komputer. Data untuk analisa dari PG. Kebon Agung Malang. Dari hasil perhitungan didapatkan pembebanan pada struktur head spindle batch type elecrically driven centrifugal menyebabkan terjadinya tegangan maksimum von misses yang terjadi sebesar 1,22786.10 9 N/m2 di bagian spline dan minimum sebesar 13085 N/m2 di bagian flens dan ujung poros . Sedangkan life time head spindle batch type electrically driven centrifugals saat terjadinya fatigue fracture adalah sebesar 84 hari kerja pada siklus 40377 dengan asumsi mesin bekerja selama 24 jam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/423/050802225
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2008 14:47
Last Modified: 14 Aug 2008 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139266
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item