Pengendalian Kualitas Produk Kantong Pasted 3 Ply OPC 50 Kg Dengan Metode Pendekatan Six Sigma di PT. Industri Kemasan Semen Gresik Pabrik Tuban

DanangTriagusSetiyawan (2008) Pengendalian Kualitas Produk Kantong Pasted 3 Ply OPC 50 Kg Dengan Metode Pendekatan Six Sigma di PT. Industri Kemasan Semen Gresik Pabrik Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada proses pembuatan produk kantong pasted 3 ply OPC 50 kg di PT. Industri Kemasan Semen Gresik Pabrik Tuban, ditemukan masalah-masalah yang berhubungan dengan masih tingginya variabilitas output produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kapabilitas proses dengan penerapan siklus define, measure, analyze, improve and control (DMAIC) pada Six Sigma . Yaitu dengan mendefinisikan tingkat defect , mengukur kapabilitas proses yang menghasilkan produk, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat variabilitas output, memperbaiki cara-cara untuk mengurangi defect produk, perbaikan kapabilitas proses, peningkatan kualitas produk. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa proses produksi di PT. Industri Kemasan Semen Gresik Pabrik Tuban telah memenuhi standar performansi yang ditetapkan. Adapun kemampuan proses sudah cukup baik dan teknologi yang digunakan telah mencukupi. Akan tetapi guna mencapai kondisi minimum defect , masih diperlukan berbagai perbaikan secara terus-menerus. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kapabilitas proses produksi untuk kantong pasted 3 ply OPC 50 kg pada PT. IKSG pada tahun 2007 adalah 4.1 sigma dengan kemungkinan gagal per satu juta kesempatan sebesar 5044. Berdasarkan penelitian dan brainstorming dengan pihak perusahaan, maka diprioritaskan cacat logo dan cacat lem lengket/lem tidak rata pada proses produksi kantong pasted 3 Ply OPC yang akan dilakukan perbaikan. Sehingga diharapkan dapat meningkatan produktivitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/418/050802220
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Aug 2008 10:23
Last Modified: 15 Aug 2008 10:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139260
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item