Pengaruh Variasi Temperatur Awal Minyak Goreng Terhadap Karakteristik Tekanan Vakum Frying Chamber Pada Proses Penggorengan Vakum.

SandyPreventius (2008) Pengaruh Variasi Temperatur Awal Minyak Goreng Terhadap Karakteristik Tekanan Vakum Frying Chamber Pada Proses Penggorengan Vakum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses penggorengan vakum dilakukan pada industri pengolahan aneka buah menjadi keripik yang bertujuan untuk mengurangi kadar air yang dikandung buah pada temperatur penggorengan rendah, sehingga aroma, rasa, dan warna asli buah yang digoreng tetap terjaga. Adapun masalah utama pada proses ini adalah bagaimana menentukan temperatur awal minyak goreng dengan tepat dan bagaimana kondisi tekanan vakum di dalam ruang penggorengan. Untuk menghasilkan produk yang lebih baik, sangat diperlukan pengamatan tekanan vakum saat proses penggorengan berlangsung.. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh temperatur awal minyak goreng terhadap karakteristik tekanan vakum frying chamber pada proses penggorengan vakum. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dengan penggunaan temperatur awal minyak goreng sebesar 85°C didapatkan karakteristik tekanan vakum dengan proses penggorengan yang lebih cepat selesai, yaitu sekitar detik ke 1200, dengan konsumsi LPG sebesar 0,64 kg, efisiensi termal sebesar 40,08%, dan debit uap rata-rata selama proses sebesar 0,041314 m 3/s.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/414/050802216
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Aug 2008 09:53
Last Modified: 15 Aug 2008 09:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139256
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item