pembuatan programmed firing pada CDI (capacitor discharge ignition) dengan logika fuzzy

AndroMedyanto (2008) pembuatan programmed firing pada CDI (capacitor discharge ignition) dengan logika fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Capacitor Discharge Ignition atau CDI mempunyai kelemahan dimana pada CDI DC mempunyai kelemahan pada kecepatan mesin tinggi dengan lemahnya pengapian, dan pada CDI AC kelemahannya pada kecepatan mesin rendah juga dengan lemahnya pengapian, karena pada saat kecepatan mesin rendah. Penyempurnaan CDI dengan memasukkan logika fuzzy pada mikrokontroler merupakan solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dari tugas akhir ini adalah membuat programmed firing pada CDI berbasis algoritma fuzzy untuk menghilangkan lemahnya pengapian pada kecepatan mesin tinggi karena pendeknya rentang waktu pengisian ( dwell time ) kapasitor nonpolar 400V pada CDI DC dan lemahnya pengapian pada saat kecepatan mesin rendah pada CDI AC karena kecilnya daya pengisisan kapasitor nonpolar 400V oleh kumparan eksitasi. Sudut pengapian yang dihasilkan mempunyai kesalahan lebih dari 0%. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem belum sesuai dengan yang diharapkan, karena kesalahan ini mengakibatkan ketidaktepatan waktu pembakaran dan menurunkan daya mesin. Bentuk dan warna nyala api yang kecil dan kuning diatas kecepatan 6000 RPM . Hasil ini menunjukkan bahwa sistem belum sesuai dengan yang diharapkan, karena kondisi ini mengakibatkan campuran BBM dalam silinder tidak terbakar sempurna dan menurunkan daya mesin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/412/050802214
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Aug 2008 14:58
Last Modified: 15 Aug 2008 14:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139253
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item