Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Malam Melalui Jaringan GPRS Dengan Layanan WAP.

FaridLasmono (2008) Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Malam Melalui Jaringan GPRS Dengan Layanan WAP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi WAP ( Wireless Application Protocol ) merupakan sebuah metode untuk menghadirkan halaman web pada layar telepon seluler. Dengan menggabungkan pemrograman WML ( Wireless Markup Language ) dengan pemrograman PHP, akan menghasilkan suatu aplikasi WAP yang dinamis, sehingga aplikasi tersebut dapat mengakses database dan menampilkan informasinya kedalam telepon seluler pengakses. Salah satu aplikasi dengan teknologi WAP adalah metode transaksi finansial (komersial) dengan berbasis telepon seluler. Transaksi tersebut dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan telepon seluler, selama jaringan komunikasi masih tersedia. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, mendorong penulis untuk mengembangkan sebuah sistem transaksi finansial (komersial) dengan objek yang dijadikan studi kasus adalah pemesanan tiket bus malam. Sistem pemesanan tiket bus malam yang diaplikasikan dengan menggunakan telepon seluler melalui jaringan GPRS dengan teknologi WAP dapat menjadi suatu alternatif yang lebih praktis bagi calon pelanggan bus malam dalam memesan tiket. Pengembangan aplikasi ini diawali dengan analisis dan perancangan yang mencakup analisis kebutuhan, pembuatan DFD ( Data Flow Diagram ) dan Diagram ER ( Entity Relationship ), dan diimplementasikan dalam bahasa pemrograman WML dan PHP, serta MySQL sebagai sarana penyimpan data. Hasil akhir aplikasi ini berupa sistem pemesanan tiket dengan simulasi sistem pembayaran berupa bank virtual, dengan rata – rata waktu akses query per record sebesar 0,001146191 ms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/367/050801934
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Aug 2008 11:59
Last Modified: 04 Aug 2008 11:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139211
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item