Perancangan dan Implementasi Sistem Pemutar Video Menggunakan SMS Gateway untuk di-broadcast Stasiun Televisi.

ArthiAyuwibawa (2008) Perancangan dan Implementasi Sistem Pemutar Video Menggunakan SMS Gateway untuk di-broadcast Stasiun Televisi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi komunikasi berkembang sangat pesat dengan semakin banyaknya permintaan masyarakat akan teknologi tersebut. Semakin banyaknya stasiun televisi menyebabkan semakin meningkatnya persaingan. Untuk dapat tetap memenangkan persaingan selain menawarkan program – program kreatif juga dilakukan efisiensi operasional. Hal yang sedang dikembangkan di bidang penyiaran televisi adalah bagaimana menggabungkan sarana yang terdapat pada telepon seluler yaitu SMS ( Short Message Service ) dengan salah satu program acara televisi sehingga diharapkan dapat terciptanya acara pemutaran video klip berdasarkan permintaan pemirsa secara real time. Pada skripsi ini dibuat suatu aplikasi yang dapat meningkatkan pelayanan pada stasiun televisi sekaligus efisiensi pada acara pemutaran video klip, yaitu perancangan dan implementasi sistem pemutar video menggunakan SMS Gateway untuk di- broadcast melalui stasiun televisi. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Gammu sebagai SMS Gateway , disertai dengan aplikasi pengolah SMS menggunakan PHP, MySQL sebagai penyimpan database , dan delphi7 sebagai pemutar video klip. Untuk kebutuhan SMS Gateway dibuat dengan PC ( personal computer ) maupun notebook , piranti yang dibutuhkan adalah sebuah komputer, ponsel dengan kabel data (kabel serial yang dapat menghubungkan ponsel dengan PC). Dari hasil pengujian, proses transfer data antara handphone dengan PC ( personal computer ) dapat bekerja sesuai dengan perancangan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sistem dapat memutar lagu atau video klip secara otomatis berdasarkan informasi SMS pengirim atau pemirsa televisi. Pada proses pengujian didapatkan, waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk mengirimkan SMS sampai video klip ditampilkan pada playlist video player sebesar 8,71 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/348/050801839
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2008 09:58
Last Modified: 03 Sep 2008 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139196
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item