Pengaruh Luas Lubang Udara Pada Dasar Tungku Tipe Inverted Downdraft Gasifier Terhadap Temperatur Dan Kecepatan Pembakaran Pelet Jerami Padi.

FajarArdhiansyah (2008) Pengaruh Luas Lubang Udara Pada Dasar Tungku Tipe Inverted Downdraft Gasifier Terhadap Temperatur Dan Kecepatan Pembakaran Pelet Jerami Padi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan pelet jerami padi sebagai bahan bakar rumah tangga memerlukan tungku yang didesain untuk bahan bakar pelet atau bahan bakar biomassa lainnya, salah satunya adalah tungku pembakaran biomassa tipe inverted downdraft gasifier . Udara pembakaran pada tungku disuplai secara alami ( natural draft ), dan dibagi dua, yakni udara primer dan udara sekunder. Luas lubang udara primer pada dasar tungku akan mempengaruhi massa alir dari udara primer yang dibutuhkan dalam proses gasifikasi dan pembakaran, sehingga mempengaruhi temperatur dan kecepatan pembakaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh luas lubang udara pada dasar tungku inverted downdraft gasifier terhadap temperatur dan kecepatan pembakaran bahan bakar pelet jerami padi. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode eksperimental dengan variabel bebas berupa variasi luas lubang pada dasar tungku, variabel terikat berupa temperatur dan kecepatan pembakaran, dan variabel terkontrol berupa gaya pengepresan, dimensi pelet, dan persentase bahan pengikat . Data yang diperoleh kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik hubungan waktu pembakaran terhadap temperatur ratarata pembakaran, grafik distribusi temperatur pembakaran, dan grafik hubungan antara luas lubang udara pada dasar tungku terhadap kecepatan pembakaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temperatur pembakaran rata-rata yang paling tinggi dicapai oleh luas lubang 9043.2 mm 2 . Temperatur maksimum pembakaran tertinggi dicapai pada luas lubang 32354.56 mm 2 , yakni 509.68°C. Distribusi temperatur selama pembakaran selama 30 menit, pada menit awal sampai menit ke-15 distribusi temperatur tidak merata sedangkan pada menit ke-20 selanjutnya sampai menit akhir, distribusi temperatur pada semua luas lubang udara cenderung merata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pula, kecepatan pembakaran semakin meningkat seiring dengan peningkatan luas lubang udara. Kecepatan pembakaran tertinggi dicapai oleh tungku dengan luas lubang 32354.56 mm 2 , yakni 0.7465 kg/jam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/332/050801691
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Aug 2008 10:42
Last Modified: 04 Aug 2008 10:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139182
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item