Analisa keputusan dengan piranti lunak Expert Choice 8.01 {EC8} pada rehabilitasi daerah irigasi wilayah sungai welang Kabupaten Pasuruan.

HermawanMeidyKurnianto (2008) Analisa keputusan dengan piranti lunak Expert Choice 8.01 {EC8} pada rehabilitasi daerah irigasi wilayah sungai welang Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wilayah Sungai Welang merupakan wilayah sungai utama yang terdapat pada Kabupaten Pasuruan, dengan pengkoordinasian dibawah Dinas Pengairan Kabupaten Pasuruan memiliki peran sangat penting terhadap perkembangan produksi padi di wilayah Kaboupaten Pasuruan. Dikarenakan sangat pentingnya peran sungai tersebut maka dilakukan penilaian rutin tiap tahun, baik dari segi kerusakan saluran, hasil panen, perkembangan HIPPA maupun debit air yang tersedia pada masing-masing bendung Daerah Irigasi. Penilaian yang dilakukan menggunakan skala prioritas dengan berdasarkan total bobot terkecil merupakan Daerah Irigasi yang layak diberikan perhatian terlebih dahulu pada tahun pertama untuk anggaran perbaikan Daerah Irigasi. Alur pelaksanaan skala prioritas tersebut diarahkan menggunakan konsep Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam penentuan besar bobotnya dan dari besar bobot yang telah ditentukan tersebut diimplementasikan ke dalam piranti lunak/software EXPERT CHOICE 8.01 (EC8) untuk metode pengambilan keputusan. Studi ini dilakukan dengan maksud mengetahui bagaimana urutan prioritas perbaikan daerah iigasi pada wilayah sungai Welang di Kabupaten Pasuruan, sehingga pengambilan keputusan terhadap anggaran pertahun untuk perbaikan dan kemajuan daerah irigasi dapat diketahui dengan jelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/311/050801616
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2008 09:04
Last Modified: 06 Aug 2008 09:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139163
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item