Sistem Enkoder Dua Frekuensi Berbasis Mikrokontroler Pada Bagian Pemancar Sistem Sensor Pelacak Garis Robot

HariKurniawan (2008) Sistem Enkoder Dua Frekuensi Berbasis Mikrokontroler Pada Bagian Pemancar Sistem Sensor Pelacak Garis Robot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagian besar dari robot dalam Kontes Robot Indonesia merupakan robot pelacak garis. Umumnya, robot tersebut menggunakan cahaya pantul dari lantai untuk mendeteksi garis pemandu. Untuk meningkatkan ketahanan sistem terhadap pengaruh cahaya luar, prinsip kerja Dual Tone Multi Frequensy (DTMF) diterapkan dalam skripsi ini. Sistem dalam skripsi ini merupakan bagian pemancar dari pasangan pemancar dan penerima sistem sensor robot pelacak garis. Sistem ini terdiri atas pembangkit sinyal data digital (mikrokontroler R8C/13), Digital to Analog Converter (DAC), Low Pass Filter (LPF), dan driver LED. Mikrokontroler membangkitkan sinyal dua frekuensi berdasarkan tabel data tertentu. DAC mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal analog, yang kemudian diperhalus oleh LPF. Terakhir, driver LED mengatur intensitas cahaya LED sesuai amplitudo sinyal analog tersebut. Kesalahan frekuensi rata-rata pada keluaran filter LPF sebesar 0,8343%. Dengan jarak antara bidang pantul dan sensor tracer sebesar 1 cm dan 2 cm, warna putih dengan latar belakang warna hijau mampu dideteksi dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/301/050801565
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2008 09:02
Last Modified: 05 Aug 2008 09:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139153
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item