Pengaruh Variasi Tekanan Proses Sintering Terhadap Kekerasan Metal Matrix Composites Dan Pengaruh Variasi Kekerasan Terhadap Keausan Pahat Pada Pemotongan.

IsyaRidhiyanto (2008) Pengaruh Variasi Tekanan Proses Sintering Terhadap Kekerasan Metal Matrix Composites Dan Pengaruh Variasi Kekerasan Terhadap Keausan Pahat Pada Pemotongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era modern diikuti dengan penemuan-penemuan material baru, salah satunya Metal Matrix Composites . Faktor yang mempengaruhi hasil akhir dari Metal Matrix Composites diantaranya adalah tekanan pada proses sintering selain dari proses finishing. Salah satu proses finishing Metal Matrix Composites adalah proses pemesinan yang bertujuan untuk mendapatkan ketelitian dimensi, toleransi dan bentuk yang iinginkan.Pada proses pemotongan Metal Matrix Composites belum ada keterangan yang pasti tentang tekanan sintering yang diberikan pada Metal Matrix Composites. Dalam penelitian ini dilakukan analisis pemotongan Metal Matrix Composites dengan mevariasikan tekanan proses sintering terhadap keausan pahat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian nyata, dimana digunakan satu variabel bebas yaitu tekanan sintering Metal Matrix Composites sebesar100, 125, 150, 175, 200 MPa. Variabel terikat yang diukur adalah keausan pahat potong. Hasil pengujian serta analisis data dapat disimpulkan bahwa tekanan sintering pada proses pembuatan Metal Matrix Composites berpengaruh terhadap keausan pahat yang digunakan untuk memotongnya. Semakin kecil tekanan sintering yang diberikan menghasilkan keausan pahat yang semakin besar, yaitu pada tekanan sintering 100 Mpa menghasilkan keausan pahat rata-rata sebesar 0,3535403 mm 3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/295/050801559
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Aug 2008 09:19
Last Modified: 11 Aug 2008 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139145
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item