Pengaruh Variasi Konsentrasi Larutan H2SO4 dan Larutan H3PO4 terhadap Laju Korosi Aluminium Hasil Proses Pulse Anodizing.

IdaBagusMahendra (2008) Pengaruh Variasi Konsentrasi Larutan H2SO4 dan Larutan H3PO4 terhadap Laju Korosi Aluminium Hasil Proses Pulse Anodizing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu sifat aluminium adalah ringan, konduktor dan tahan korosi. Sifat ketahanan korosi yang dimiliki oleh aluminium disebabkan oleh terbentuknya lapisan oksida pada permukaannnya. Tetapi lapisan oksida yang terbentuk masih tipis dan memiliki ketahanan terhadap korosi yang masih rendah Salah satu cara untuk mengendalikan korosi adalah dengan proses pelapisan. Anodizing merupakan proses pembentukan suatu lapisan oksida dari aluminium yang digunakan sebagai elektroda anoda dalam sistem elektrolisa. Proses pulse anodizing digunakan untuk memperbaiki menurunnya kualitas dari lapisan oksida yang dihasilkan pada proses Continous Anodizing . Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas lapisan oksida adalah larutan elektrolit yang dalam penelitian ini menggunakan larutan asam sulfat dan asam fosfat. Ion-ion yang didapat dari larutan asam sulfat dan asam fosfat akan mengendap pada anoda sebagai logam yang dilapisi dan menghasilkan lapisan oksida dengan ketebalan tertentu. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah metode eksperimental nyata dan metode penelitian semu, yang bertujuan untuk mengetahui laju korosi aluminium hasil proses pulse anodizing . Dalam penelitian ini menggunakan asam sulfat dengan konsentrasi 5,10,15,20 dan 25% dan asam fosfat dengan konsentrasi 5,10,15,20 dan 25%. Material yang digunakan adalah aluminum 6063 dengan diameter 2..54 cm dan tinggi 2 cm. Proses pulse anodizing ini dilakukan selama 45 menit dengan frekuensi 2.85 Hz. Proses korosi dilakukan dalam larutan HCl dengan konsentrai 10 % selama 5 menit dengan pengambilan data sebanyak 12 kali. Dari hasil pengujian serta analisis data dapat disimpulkan bahwa variasi konsentrasi larutan H 2 SO 4 dan larutan H 3 PO 4 pada proses pulse anodizing berpengaruh nyata terhadap laju korosi aluminium. Rata-rata laju korosi paling rendah didapatkan pada larutan asam sulfat dengan konsentrasi 15%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/259/050801350
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jun 2008 14:49
Last Modified: 25 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139112
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item