Prototype Penebar Pakan Ikan/ Udang di Atas Perahu Menggunakan Remote Control Dengan Teknologi Mikrokontroller AT89S51 dan DTMF.

WindyPrasetyo (2008) Prototype Penebar Pakan Ikan/ Udang di Atas Perahu Menggunakan Remote Control Dengan Teknologi Mikrokontroller AT89S51 dan DTMF. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses pemberian pakan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan/ udang. Pada umumnya pemberian pakan pada ikan/ udang selama ini dilakukan secara manual dengan cara melakukan penyemprotan pakan dari pinggir kolam, hal tersebut memiliki kelemahan yaitu jangkauan pakan yang disebarkan ke dalam kolam, apabila kolam tersebut memiliki luas yang sangat besar maka penyemprotan yang dilakukan dari pinggir kolam tidak bisa menjangkau sampai ke tengah dan juga tidak bisa melakukan penebaran secara merata di titik-titik tertentu yang kita inginkan. Dengan menggunakan sistem penebar pakan di atas perahu yang dikontrol dari jarak jauh, maka diharapkan proses pemberian pakan dapat dilakukan dengan mudah dan tidak menguras banyak energi manusia. “Prototype Penebar Pakan Ikan/ Udang di atas Perahu Menggunakan Remote Control juga dirancang agar memiliki jangkauan ± 500- 1000 meter, sehingga alat ini diharapkan bisa menjangkau sampai ke tengahtengah apabila kolam tersebut memiliki luas yang besar (berhektar-hektar). Selain itu alat ini juga dapat melakukan penebaran secara merata di titik-titik tertentu yang kita inginkan. Tahapan yang dilakukan adalah melakukan perancangan remote control, perancangan rangkaian enkoder dan dekoder DTMF, rangkaian driver motor, rangkaian driver relay, serta perancangan perangkat lunak untuk keseluruhan kerja sistem. Setelah tahap perancangan dan pembuatan alat tersebut diuji coba apakah sesuai dengan spesifikasi alat, hasilnya alat ini dapat bekerja dengan baik pada jarak ± 500 meter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/247/050801303
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 May 2008 10:55
Last Modified: 06 May 2008 10:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139097
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item