Pengaruh Penambahn Ampas Tebu (Bagasse) Pada Blotong (Filter Cake) Terhadap Performa Pembakaran Bahan Bakar Briket Blotong.

JuniarSetiyoNugroho (2008) Pengaruh Penambahn Ampas Tebu (Bagasse) Pada Blotong (Filter Cake) Terhadap Performa Pembakaran Bahan Bakar Briket Blotong. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Blotong merupakan salah satu biomassa yang berasal dari limbah pabrik gula. Selama ini blotong hanya digunakan oleh masyarakat sebagai pupuk organik. Seiring dengan kelangkaan bahan bakar minyak, maka diupayakan untuk dapat mengubah blotong menjadi bahan bakar alternatif. Salah satunya yaitu dengan cara membuatnya menjadi briket. Blotong jika dijadikan briket secara langsung memiliki performa pembakaran yang kurang baik, karena memiliki kandungan abu yang tinggi dan kandungan seratnya sangat sedikit. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menambahkan ampas tebu pada blotong. Dengan penambahan tersebut, dapat mengurangi kandungan abu dan menambah kandungan serat pada blotong. Sehingga performa pembakarannya dapat menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas tebu pada blotong terhadap performa pembakaran bahan bakar briket blotong yang meliputi nilai kalor, kecepatan pembakaran, efisiensi pembakaran, dan temperatur pembakaran. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode eksperimental. Untuk pengambilan data besarnya nilai kalor dari briket dilakukan dengan menggunakan alat adiabatic calorimeter, sedangkan pengambilan data temperatur pembakaran dengan menggunakan thermocoupel yang dihubungkan dengan analog digital converter. Untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas tebu yang dilakukan digunakan uji statistik analisis varian satu arah. Data yang diperloleh kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik hubungan antara penambahan ampas tebu dan nilai kalor, hubungan antara penambahan ampas tebu dengan kecepatan pembakaran, hubungan antara penambahan ampas tebu dengan efisiensi pembakaran, dan hubungan antara waktu dengan temperatur pembakaran pada berbagai variasi penambahan ampas tebu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar persentase ampas tebu yang ditambahkan dapat meningkatkan performa pembakaran dari bahan bakar briket blotong. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pula, bahwa secara keseluruhan performa pembakaran yang paling baik dihasilkan pada penambahan ampas tebu sebanyak 15%, dengan nilai kalor sebesar 3591,409 kal/gr, kecepatan pembakaran sebesar 0,5596 Kg/jam, efisiensi pembakaran sebesar 83,5952%, dan temperatur pembakran sebesar 557,2579 0C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/196/050801132
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Apr 2008 14:28
Last Modified: 10 Apr 2008 14:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139048
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item