Meter air PAM Digital pada instalasi rumah dengan tampilan jumlah tagihan per-bulan.

AgungPurwandiWijaya (2008) Meter air PAM Digital pada instalasi rumah dengan tampilan jumlah tagihan per-bulan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meter air PAM yang dipakai saat ini hanya menginformasikan besar pemakaian komulatif sehingga masyarakat cukup kesulitan untuk memonitoring banyaknya pemakaian air PAM dan jumlah tagihannya. Tujuan perancangan dan pembuatan alat agar masyarakat bias melakukan memonitoring banyaknya pemakaian air PAM serta jumlah tagihannya. Cara perancangan dan pembuatan alat meliputi studi kepustakaan, penentuan spesifikasi alat, penyusunan blok diagram, pembuatan hardware, pembuatan software, melakukan pengujian, dan melakukan analisis. Alat ini menggunakan sensor hall effect untuk untuk mendeteksi banyaknya putaran dari cincin magnetic yang terdapat pada meter air PAM. Pulsa dihasilkan oleh sensor hall effect kemudian diproses dalam mikrokontroler untuk perhitungan besar debit pemakaian air PAM. Alat ini juga menggunakan Real Time Clock (RTC) sebagai penanda setiap adanya pergantian bulan sehingga mikrokontroler dapat melakukan proses penyimpanan data pemakaian bulan lalu. Hasil perancangan dan pembuatan berupa meter air PAM digital yang dapat menginformasikan besar pemakaian air PAM dan jumlah tagihan dalam satu bulan dan memiliki prosentase kesalahan pembacaan debit air sebesar 0,581 % dan prosentase kesalahan pembacaan jumlah tagihan sebesar 1,188%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/161/050800960
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Mar 2008 08:47
Last Modified: 26 Mar 2008 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139010
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item