Studi Analisa Penanggulangan Kawasan Rawan Genangan Kota Malang (Sub DAS Brantas),

JenKartikaRatna (2008) Studi Analisa Penanggulangan Kawasan Rawan Genangan Kota Malang (Sub DAS Brantas),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Drainase secara umum didefinisikan sebagai suatu tindakan teknis untuk mengurangi kelebihan air, baik yang berasal dari air hujan, rembesan, maupun kelebihan air irigasi dari suatu kawasan/lahan, sehingga fungsi kawasan/lahan tidak terganggu. Permasalahan drainase Kota Malang lebih disebabkan oleh kurang terpeliharanya saluran drainase serta kurangnya kemampuan saluran untuk menampung debit air hujan sehingga menyebabkan genangan. Lokasi studi yaitu Kota Malang, khususnya Sub DAS Brantas. Studi ini membahas besarnya genangan akibat saluran yang tidak dapat menampung debit hujan, merehabilitasi saluran eksisting, menghitung besarnya biaya rehabilitasinya, serta menghitung debit beban yang ditanggung Sungai Brantas Kota Malang. Dari analisa yang dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat 25 (dua puluh lima) saluran yang tidak mampu menampung debit air hujan. Hal ini dikarenakan kurang terawatnya saluran, tidak terdapat inlet, serta kurang memenuhinya kapasitas saluran. Namun, dalam studi ini hanya membahas genangan yang diakibatkan kurang memenuhinya kapasitas saluran. Penyelesaian masalah tersebut adalah merencanakan kembali dimensi saluran-saluran drainase di sepanjang Sub DAS Brantas Kota Malang dengan mengubah kedalaman (H) saluran eksisting. Berdasarkan perhitungan analisa biaya, rehabilitasi ini membutuhkan biaya sebesar Rp. 2.558.600.757,11. Sedangkan untuk perhitungan debit beban Sungai Brantas Kota Malang yang menggunakan pemodelan HEC-HMS, didapatkan debit Sungai Brantas khususnya Kota Malang adalah sebesar 89,09 m3/dt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/115/050800807
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Mar 2008 09:46
Last Modified: 18 Mar 2008 09:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138959
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item