Studi Alternatif Penanggulangan Genangan Di Sepanjang Jalan Soekarno Hatta Malang.

TirtaAdityaMardhika (2008) Studi Alternatif Penanggulangan Genangan Di Sepanjang Jalan Soekarno Hatta Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan drainase perkotaan yang sering terjadi adalah adanya kelebihan air di saluran, dikarenakan saluran drainase tidak mampu menampung debit yang ada. Air yang berlebihan tersebut bisa berasal dari air limbah hasil buangan manusia berupa limbah rumah tangga, limbah industri maupun berupa air hujan. Faktor yang sangat mempengaruhi adalah karena perkembangan kota yang sangat pesat sehingga mengakibatkan berkurangnya lahan terbuka dan pesatnya pertumbuhan penduduk. Dengan adanya permasalah seperti diatas, maka banyak ditemui genangan-genangan yang sering terjadi pada saat musim hujan tiba. Hal tersebut juga terjadi di sepanjang Jalan Soekarno Hatta Malang. Permasalahan genangan seperti ini akan menjadi masalah yang serius apabila tidak diselesaikan dengan cepat, karena mengingat Jalan Soekarno Hatta Malang merupakan jalan utama di kota Malang. Pada daerah studi ini sering terjadi masalah genangan setiap musim hujan tiba yang sangat mengganggu kelancaran lalu lintas dan bagi penduduk sekitar. Permasalah yang paling utama adalah karena semakin pesatnya pertumbuhan kota denga pembangunan Ruko (Rumah Toko), ketidakmampuan saluran menampung debit, kondisi inlet saluran yang tidak berfungsi dengan baik dan permasalah tidak terawatnya saluran yang telah ada. Pada studi ini dihitung besarnya debit rancangan dan kapasitas saluran drainase yang telah ada, kemudian dievaluasi kapasitas saluran berdasarkan debit air hujan dan limbah domestik. Dari evaluasi tersebut dapat diketahui saluran mana yang tidak mampu menampung debit yang ada, kemudian dapat dihitung dimensi saluran yang baru. Dalam perhitungan ini dilakukan perhitungan dimensi berdasarkan kala ulang 5 tahun, namun dilakukan koreksi untuk kala ulang 10 tahun dan 25 tahun. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan terdapat 9 saluran yang tidak mampu menampung debit yang ada, sehingga dilakukan perbaikan dimensi saluran. Dari volume pekerjaan saluran rehabilitasi dapat dihitung analisa ekonomi proyek, yaitu total biaya pembuatan saluran sebesar Rp. 1.522.671.139,00, biaya Operasional dan Pemeliharaan sebesar Rp. 15.226.711,00, kemudian dapat dianalisa apakah proyek ini menguntungkan atau tidak, dapat dihitung dengan metode Benefit Cost Ratio (BCR) sebesar 1,316, Net Present Value (NPV) sebesar Rp 575.441.417,00 dan Internal Rate of Return (IRR) sebesar 15.02 %. Berdasarkan analisa ekonomi diatas dapat disimpulkan proyek rehabilitasi saluran di sepanjang Jalan Soekarno Hatta Malang ini layak secara ekonomi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/114/050800806
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Mar 2008 09:52
Last Modified: 18 Mar 2008 09:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138958
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item