Analisis Implementasi Mekanisme Transisi Teredo IPv6 pada NAT (Network Address Translation).

WibisonoSukmoWardhono (2007) Analisis Implementasi Mekanisme Transisi Teredo IPv6 pada NAT (Network Address Translation). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

IPv4 merupakan standar identifikasi (pengalamatan) node pada jaringan yang saat ini masih umum digunakan. Namun seiring dengan membengkaknya kebutuhan terhadap alamat IP, IPv4 diprediksi tidak mampu memenuhi seluruh permintaan tersebut. Untuk itu dikembangkan sebuah versi baru IP yang disebut IPv6 ( Internet Protocol version 6 ) dengan kelebihan-kelebihan berupa jangkauan alamat yang lebih luas, header yang lebih efisien dan sebagainya. Dengan format alamat dan header yang berbeda, IPv6 tidak dapat melakukan interkoneksi secara langsung dengan IPv4. Implementasi IPv6 juga terhambat oleh adanya NAT ( Network Address Translation ) yang banyak yang dipakai pengguna internet Sebagai solusi, diperlukan suatu mekanisme Transisi. Mekanisme interkoneksi IPv6 dan IPv4 pada client yang berada di dalam router NAT adalah Teredo ( Shipworm ). Analisis performansi dilakukan dengan mengukur dan membandingkan delay , jumlah data yang diterima, pengukuran dan penghitungan throughput serta penghitungan utilitas pada saat pengiriman paket data antar- client Teredo maupun antar- client yang terhubung langsung pada jaringan native -IPv6. Berdasarkan hasil analisis performansi teknik transisi Teredo- IPv6, diperoleh bahwa nilai delay end-to-end pada jaringan transisi Teredo-IPv6 relatif lebih tinggi dari jaringan native-IPv6 dengan rata-rata 23,384582 %. Nilai throughput dan Utilitas jaringan transisi Teredo-IPv6 lebih rendah daripada jaringan native-IPv6 dengan selisih rata-rata 27,328669 % pada hasil penghitungan dari percobaan pertama, dan 4,97 % pada hasil percobaan kedua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa performansi jaringan transisi Teredo-IPv6 lebih rendah dibandingkan dengan jaringan native-IPv6 .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/681/050800246
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Feb 2008 08:44
Last Modified: 08 Feb 2008 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138882
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item