AnnisaFatmawati (2007) Studi Alternatif Perencanaan Bentuk Tapal Kuda Pada Terowongan Pengelak Bendungan Gonggang di kabupaten Magetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Untuk pengembangan sumber daya air guna pemenuhan kebutuhan irigasi di Magetan, dibangun Bendungan Gonggang. Dalam pelaksanaannya diperlukan suatu sistem pengelak berupa terowongan Pengelak (Diversion Tunnel) untuk.mengelakkan air sungai. Setelah bangunan bendungan telah selesai, fungsi terowongan ini akan berubah menjadi saluran pengambilan dan saluran pelimpah. Desain awal terowongan pengelak ini adalah berupa terowongan persegi. Bentuk tapal kuda diajukan sebagai alternatif desain pada tulisan ini karena strukturnya dianggap lebih stabil dan menghasilkan penurunan yang lebih kecil dibanding terowongan dengan bentuk persegi. Meski perencanaan bentuk persegi mampu menahan beban-beban yang bekerja, namun struktur berbentuk lengkung lebih stabil dan dengan tebal yang lebih tipis pun dapat menahan beban-beban yang bekerja. Perhitungan gaya-gaya dalam pada perencanaan ini menggunakan bantuan Program STAADPro 2004 yang menggunakan konsep metode elemen hingga. Pada penyelesaian ini struktur terowongan dimodelkan sebagai struktur plat yang menahan beban-beban seperti beban mati, beban batuan, tekanan tanah kondisi normal dan gempa, beban grouting, tekanan air dalam dan tekanan air luar. Alternatif bentuk tapal kuda direncana dengan diameter untuk terowongan pengelak dan irigasi 1,8 meter dan diameter terowongan pelimpah 2,7 meter, setelah dilakukan perhitungan dapat disimpulkan dimensi yang direncana mampu menampung debit banjir Q 20 sebesar 92 m 3 /det.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2007/672/050800166 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Feb 2008 09:12 |
Last Modified: | 08 Feb 2008 09:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138873 |
Actions (login required)
View Item |