Studi Perencanaan Struktur Bangunan Tahan Gempa Menggunakan Sistem Rangka Gedung Dengan Dinding Geser Beton Bertulang Pada Gedung Fakultas KedokteranUniversitas Brawijaya Malang.

MochammadSunhajiIsmail (2007) Studi Perencanaan Struktur Bangunan Tahan Gempa Menggunakan Sistem Rangka Gedung Dengan Dinding Geser Beton Bertulang Pada Gedung Fakultas KedokteranUniversitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai masalah pokok dalam perencanaan struktur bangunan tinggi adalah kekuatan bangunan dalam menahan beban lateral gempa. Salah satu sistem perencanaan bangunan yang dapat digunakan dalam perencanaan gedung tahan gempa adalah bangunan dangan Sistem Rangka Gedung. Sistem banguan ini direncanakan dapat menahan beban yang bekerja pada bangunan yang terdiri atas beban gravitasi yang direncanakan diterima oleh portal terbuka dan beban lateral gempa yang diterima oleh komponen dinding geser. Tugas akhir ini disusun dalam bentuk studi perencanaan bangunan gedung tinggi dimana dalam analisis statika perlu dipertimbangkan mengenai konfigurasi struktur bangunan. Bangunan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya termasuk bangunan yang tidak beraturan karena konfigurasinya yang tidak memenuhi persyaratan gedung beraturan yang distandarkan pada SNI 03-1726-2002, dengan demikian analisis beban gempa dilakukan dengan cara analisis beban dinamis. Elemen struktur utama penahan gempa adalah dinding geser beton bertulang. Dalam hasil analisis statika diperoleh gaya geser akibat beban lateral diserap oleh dinding geser beton yang terletak pada inti bangunan, sehingga dalam penulangan dinding geser direncanakan dari kuat geser perlu. Pada elemen balok dan kolom rangka terbuka direncanakan dengan memperhitungkan beban lentur, Geser dan aksial perlu akibat beban gravitasi. Dengan perencanan bangunan sistem rangka gedung diharapkan dapat diperoleh bangunan yang tahan terhadap beban gempa. Sebagai bahan studi perencanaan sistem Rangka Gedung pada Gedung Fakultas Kedokteran maka diambil portal jalur 13, 17 , G-H dan I-J sebagai sampel untuk dinalisis dan direncanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/652/050800070
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2008 13:41
Last Modified: 22 Jan 2008 13:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138854
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item