Pengaruh Diafragma Tipe X Dan V Terhadap Perpindahan Lonitudinal Dan Transversal Pada Model Jembatan Rangka Dengan Menggunakan Tumpuan Sendi Rol Akibat Variasi Penempatan Beban Terpusat

RamsdhaneArdhySulaksono (2007) Pengaruh Diafragma Tipe X Dan V Terhadap Perpindahan Lonitudinal Dan Transversal Pada Model Jembatan Rangka Dengan Menggunakan Tumpuan Sendi Rol Akibat Variasi Penempatan Beban Terpusat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jembatan yang paling umum kita jumpai adalah jembatan rangka. Jembatan rangka memiliki batang-batang yang dihubungkan satu sama lain dengan perantara titik-titik simpul yang berupa sendi tanpa gesekan. Gaya-gaya luar hanya bekerja pada titik-titik simpul rangka. Dalam suatu jembatan rangka dibutuhkan kerjasama yang baik antara rangka utama dengan elemen penunjangnya seperti diafragma, lateral bracing, portal dan sway bracing. Atas dasar pemikiran tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh diafragma tipe X dan V pada model jembatan rangka akibat variasi penempatan beban. Penambahan diafragma pada struktur rangka jembatan digunakan untuk mendistribusikan beban agar merata pada rangka kiri dan kanan. Pada penelitian ini digunakan diafragma profil baja siku dengan ukuran 4cmx4cmx3mm. Model jembatan yang diuji adalah model jembatan rangka baja tanpa diafragma, dengan diafragma tipe V dan X. Pemberian beban dilakukan terhadap semua model jembatan rangka dengan perlakuan P1 (rangka kiri), P2 (tengah), P3 (rangka kanan). Beban uji berupa beban terpusat dengan perlakuan P1, P2 dan P3 di tengah bentang dengan variasi beban yaitu 69 kg, 138 kg, 207 kg dan 276 kg. Besarnya beban uji yang diberikan masih menyebabkan kondisi elastis pada model jembatan. Perpindahan longitudinal dan transversal hasil pengujian ketiga model jembatan dianalisis untuk mengetahui pengaruh penggunaan diafragma. Berdasarkan hasil pengujian, penambahan diafragma berpengaruh terhadap distribusi beban pada model jembatan rangka. Pengurangan besar perpindahan longitudinal maupun transversal lebih efektif dengan adanya peenambahan diafragma V bila ditinjau dari berat profil yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/630/050800005
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2008 14:19
Last Modified: 15 Feb 2008 14:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138831
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item