Studi Metode Pelaksanaan Plat Pracetak Sebagai Alternatif Pada Pembangunan Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

WahyudiAminoto, (2007) Studi Metode Pelaksanaan Plat Pracetak Sebagai Alternatif Pada Pembangunan Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini tuntutan akan pelaksanaan yang cepat, ekonomis, berkualitas dan ramah lingkungan mulai berkembang seiring dengan kecenderungan biaya konstruksi yang semakin lama semakin mahal. Untuk mengatasi masalah tersebut dikembangkan berbagai macam metode-metode pelaksanaan konstruksi. Salah satunya adalah dengan pendekatan fabrikasi, terutama pada teknologi beton pracetak sudah mulai dimanfaatkan. Pengembangan teknologi ini mengarah pada industrialisasi, karena produk dihasilkan melalui produksi massal dan sifatnya berulang (repetitive) Aplikasi teknologi pracetak dengan sendirinya akan mengurangi pemakaian jumlah tenaga kerja dilapangan, karena sebagian besar komponen telah diproduksi sebelumnya baik di lingkungan pabrik maupun di lokasi proyek. Selain itu mutu pekerjaan dalam jumlah yang banyak menjadi lebih baik dan seragam. Atas dasar itulah metode pracetak ini dicoba untuk diterapkan pada proyek pembangunan gedung rektorat UIN Malang. Komponen yang diprecast adalah komponen plat, karena didasarkan bahwa pengerjaan komponen plat merupakan pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lama dibandingkan dengan komponen lainnya. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan bahwa penerapan metode pracetak pada proyek ini memberikan pengaruh yang sedikit lebih baik dari segi waktu dan biaya. Metode pracetak lebih murah 1,096% dibandingkan metode cor ditempat yang dilaksanakan di proyek tersebut. Dan metode ini juga lebih cepat, karena komponen-komponen plat diproduksi 1 bulan sebelum proyek dimulai. Meskipun perbedaan yang didapat hanya sedikit tapi metode pracetak memberikan kemudahan dan kecepatan didalam pelaksanaannya. Jadi, metode ini sangat tepat apabila diterapkan pada proyek pembangunan gedung rektorat UIN. Kata Kunci: Fabrikasi, precast, repetitive, pracetak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/613/050703324
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jan 2008 14:41
Last Modified: 04 Jan 2008 14:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138815
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item