Alat Pengukur Salinitas dan pH Di Dalam Tambak Pembesaran Ikan Bandeng

HeidyKusumawardhani (2007) Alat Pengukur Salinitas dan pH Di Dalam Tambak Pembesaran Ikan Bandeng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan usaha perikanan merupakan usaha ekonomi riil yang memiliki prospek yang cukup baik, contoh usaha perikanan tersebut adalah budi daya ikan bandeng. Pemanfaatan ikan bandeng (Chanos chanos) tidak hanya sebagai ikan konsumsi melainkan juga dimanfaatkan sebagai umpan untuk penangkapan ikan tuna, baik dalam keadaan segar, beku maupun hidup. Dengan adanya alat pengukur salinitas dan pH di dalam tambak pembesaran ikan bandeng ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mengukur salinitas dan pH air tambak budi daya ikan bandeng. Pendeteksian secara manual dinilai kurang praktis, sedangkan pendeteksian secara otomatis menggunakan pengaturan elektronika digital sangat mudah dan praktis. Alat pengukur ini terdiri atas dua sensor yaitu salinitas dan pH. Proses pengolahan data dilakukan oleh mikrokontroler AT89S8252. Mikrokontroller AT89S8252 ini memberikan perintah pada LCD untuk menyimpan data dan juga untuk menampilkan hasil pengukuran salinitas dan pH. Hasil pengukuran dari alat ini berupa nilai pH dan salinitas air tambak yang akan ditampilkan pada layar LCD dan juga terdapat indikator yang menunjukkan sesuai atau tidak sesuainya air tambak untuk proses pembesaran ikan bandeng. Alat pengukur ini memiliki range pengukuran salinitas antara 0 permil-40 permil dengan kesalahan pembacaan rata-rata 5,84 %, sedangkan range pengukuran pH antara 4-10 dengan kesalahan rata-rata 1,7 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/611/050703282
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Dec 2007 08:59
Last Modified: 27 Dec 2007 08:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138813
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item