Simulasi Tiga Dimensi Terhadap Analisa Kekuatan Advanced Ceramic Die dan Karakteristik Tribologinya Dalam Proses Dry Deep Drawing.

AgungPutroUtomo (2007) Simulasi Tiga Dimensi Terhadap Analisa Kekuatan Advanced Ceramic Die dan Karakteristik Tribologinya Dalam Proses Dry Deep Drawing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelumas memiliki peran penting dalam proses pembentukan logam guna mengurangi koefisien gesek secara signifikan antara benda kerja dengan die atau punch . Namun demikian, pembuangan pelumas yang mengandung bahan berbahaya dapat menimbulkan masalah pada lingkungan hidup. Oleh karena itu dry deep drawing menjadi salah satu pilihan yang perlu dipertimbangkan untuk mengembangkan proses produksi ramah lingkungan. Akan tetapi proses tersebut sulit diaplikasikan apabila tidak disertai dengan desain die yang memenuhi prinsip-prinsip tribologi dengan baik. Salah satu metode menjanjikan untuk mewujudkan hal itu adalah menggunakan advanced ceramic die . Dan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh S. Kataoka dan rekannya menunjukkan bahwa metode tersebut dapat menjadi alternatif pilihan yang menjanjikan. Berawal dari eksperimen nyata yang dilakukan oleh S. Kataoka itu, maka dilakukan penelitian dalam sebuah program simulasi tiga dimensi untuk menganalisa kekuatan advanced ceramic die dan karakteristik tribologinya. Dalam penelitian ini dipilih tiga jenis advanced ceramic sebagai material die yang dibandingkan, yaitu alumina (Al 2O3), silicon nitride (Si3N4) dan silicon carbide (SiC). Sedangkan yang digunakan sebagai material logam pembanding adalah baja cold roll SPCC dan titanium TYPE-2. Dari simulasi proses dry deep drawing yang dilakukan, kekuatan advanced ceramic die dianalisa melalui pengamatan terhadap gaya yang diterimanya. Adapun analisa terhadap karakteristik tribologi dilakukan dengan mengamati perbedaan nilai drawing force ( DF ) dan nilai limiting drawing ratio ( LDR ). Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa kekuatan advanced ceramic die mengalami peningkatan dengan urutan Al2O3 < Si3N4 < SiC. Dan dalam setiap proses yang dilakukan, dry deep drawing terhadap baja memungkinkan untuk diperolehnya kekuatan die yang lebih tinggi karena gaya yang diterima cenderung lebih rendah daripada dry deep drawing terhadap titanium. Adapun karakteristik tribologi yang dianalisa dari nilai drawing force ( DF ) dan limiting drawing ratio ( LDR ) mengalami peningkatan dengan urutan Al2O3 < Si3N4 < SiC. Dan proses dry deep drawing terhadap baja memiliki karakteristik tribologi yang lebih baik daripada dry deep drawing terhadap titanium karena dibutuhkan drawing force ( DF ) yang lebih kecil serta dihasilkan nilai limiting drawing ratio ( LDR ) yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/499/050702876
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138735
[thumbnail of 050702876.pdf]
Preview
Text
050702876.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item