Penerapan Metode Statistical Quality Control Untuk Mengendalikan Kualitas Rokok Pada Perusahaan Rokok Gudang Garam, Tbk .Kediri.

ErnoPamuji (2007) Penerapan Metode Statistical Quality Control Untuk Mengendalikan Kualitas Rokok Pada Perusahaan Rokok Gudang Garam, Tbk .Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat persaingan yang dihadapi oleh perusahaan semakin ketat sehingga mendorong perusahaan untuk meneliti langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memenangkan persaingan tersebut. Perusahaan rokok Gudang-Garam, Tbk adalah salah satu perusahan yang memproduksi rokok sebagai produksi utama, dan pada perusahaan rokok Gudang-Garam, Tbk terdapat permasalahan yang seringkali mempengaruhi kualitas produksinya, diantaranya adalah banyaknya kertas pembungkus rokok yang rusak dan terjadinya pengulangan proses produksi Untuk mengendalikan kualitas produksinya maka perusahaan harus mengadakan perbaikan terhadap proses produksinya. Metode Stastical Quality Control dapat digunakan untuk menganalisa sumber variasi produk dan melakukan perbaikan kualitas produk, alat-alat yang digunakan adalah peta kontrol, diagram pareto dan diagram sebab-akibat Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi tentang terkendalinya proses produksi karena tidak ada data yang melebihi batas kontrol, yang dapat dilihat pada peta kontrol np, X , dan R. Analisa kemampuan proses rendah dilihat dari nilai Cp dan Cpk untuk berat rokok sebesar 0,56 dari analisa Diagram Pareto diketahui bahwa prioritas tertinggi sampai terendah yaitu cacat kopong sebesar 33%, ambri mengelupas sebesar 27%, sobek sebesar 22%dan berkerut sebesar 18%. Sedangkan analisa diagram sebab akibat diketahui bahwa cacat yang disebabkan oleh material, metode yang kurang baik, serta kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh operator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/489/050702839
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138725
[thumbnail of 050702839.pdf]
Preview
Text
050702839.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item