Penerapan Metode Rank Positional Weight dan Region Approach Dalam Perencanaan Keseimbangan Lintasan Guna Meningkatkan Output Produksi di PT. TATAS RINJANI PERMAI Mataram.

AprinoAdytoBagusPermadi (2007) Penerapan Metode Rank Positional Weight dan Region Approach Dalam Perencanaan Keseimbangan Lintasan Guna Meningkatkan Output Produksi di PT. TATAS RINJANI PERMAI Mataram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. TATAS RINJANI PERMAI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan paving dari bahan baku sampai produk jadi ( Finished Goods ) untuk memenuhi permintaan konsumen melalui mekanisme proses yang berjalan secara terus menerus. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah output produksi yang selalu kurang dari apa yang diharapkan hal tersebut dikarenakan adanya ketidak sesuaian dalam pembagian stasiun kerja sehingga peranan stasiun kerja menjadi kurang efektif dan efisien. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengurangi balance delay lintasan yang dilalui benda kerja, menghitung efisiensi sistem produksi pada proses operasi, mengelompokkan operasi kerja ke dalam stasiun kerja yang memberikan keseimbangan lintasan produksi sehingga meningkatkan hasil produksi, membandingkan dua metode keseimbangan lintasan yaitu metode Region Approach dan metode Rank Positional Weight yang akan digunakan sebagai solusi permasalahan sesuai dengan teori yang didapat. menganalisa output produksi sebelum dan sesudah diterapkan metode keseimbangan lintasan. Analisa dilakukan dengan mengukur waktu kerja dengan jam henti ( stop watch ) pada tiap-tiap operasi pembuatan Paving. Untuk pengolahan data digunakan metode Region Approach dan metode Rank Positional Weight yang dilakukan dengan pendekatan trial dan error . Analisa efisiensi dilakukan untuk membandingkan kondisi awal perusahaan dengan hasil analisis yang meliputi balance delay , efisiensi system, output produksi dan jumlah stasiun kerja. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh pengelompokan operasi kerja pada kondisi awal 6 stasiun kerja, waktu siklus 134,21 menit balance delay 60,45%, efisiensi sistem 39,55% dan output produksi 357 Biji / hari. Setelah dianalisa menggunakan kedua metode tersebut, maka metode Rank Positional Weight lebih sesuai dan menghasilkan suatu keseimbangan lintasan dengan 5 stasiun kerja waktu siklus 71,25 menit balance delay 10,57%, efisiensi sistem 89,43% dan output produksi 674 Biji / hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/474/050702636
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 06:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138709
[thumbnail of 050702636.pdf]
Preview
Text
050702636.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item