Sistem informasi bagian produksi dan gudang pada PT Pemprina Media Grafika Surabaya.

RianYasriYulian (2007) Sistem informasi bagian produksi dan gudang pada PT Pemprina Media Grafika Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai salah satu perusahaan percetakan terbesar di Indonesia, PT. Temprina Media Grafika Surabaya tidak hanya mencetak produk dari PT. Jawa Pos juga mencetak produk dari luar. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan informasi semakin tinggi, berupa penyediaan dan pemanfaatannya untuk mengetahui jumlah produksi, pemasok bahan baku serta kebutuhan lainnya. Dengan informasi, pemimpin perusahaan dapat mengeluarkan keputusan strategis menyangkut perusahaan tanpa keragu-raguan. PT. Temprina Media Grafika membutuhkan sebuah sistem informasi yang mengelola data produksi dan gudang serta data barang yang dibuthkan dalam percetakan. Sistem informasi Produksi dan Gudang adalah aplikasi perangkat lunak berbasis web database dan Client-Server yang akan dapat berjalan dalam jaringan intranet maupun internet. Sistem informasi ini akan memberikan kecepatan dan kemudahan dalam penggunaan dan pengelolaannya sehingga informasi akan selalu baru (up to date). Perancangan dan pengimplementasian sistem informasi produksi dan gudang dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman ASP.NET (versi 2.0) dan basis data SQL Server 2005 Express Edition (SSE). Sistem Informasi Produksi dan Gudang terdiri dari lima macam hak akses sesuai dengan aplikasi yang disediakan antara lain, Manager, Administrator, Production, Warehouse dan Guest (Pengunjung). Pengujian Sistem Informasi Produksi dan Gudang dilakukan pada setiap aplikasi sistem sesuai dengan hak akses untuk mengetahui proses yang dilakukannya. Hasil dari pengujian aplikasi sistem dapat diketahui bahwa aplikasi sistem pada sistem Informasi Produksi dan Gudang dapat melakukan proses sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Pengujian juga dilakukan terhadap koneksi basis data dan waktu akses query tiap record yang digunakan oleh sistem informasi produksi dan gudang. Sistem Informasi Produksi dan Gudang yang dihubungkan dengan koneksi basis data SSE dengan protokol TCP/IP dapat melakukan proses manipulasi terhadap data-data di dalam basis data. Pengujian waktu akses query tiap record dilakukan pada tabel pakai-trans_detail dan sj-trans_detail dengan total jumlah data 1000,2000,3000,4000 dan 5000. Rata-rata waktu akses query tiap record adalah 0,000142 s. Hasil pengujian yang dilakukan terhadap koneksi basis data dan waktu akss query menunjukkan bahwa sistem Informasi Produksi dan Gudang dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/461/050702623
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 05:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138697
[thumbnail of 050702623.pdf]
Preview
Text
050702623.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item