Analisis Hubungan Produktivitas, Biaya dan Moral Terhadap Kinerja Pemasaran Sebagai Dampak Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) PT Asahimas Flat Glass Sidoarjo.

ArisTriwahono (2007) Analisis Hubungan Produktivitas, Biaya dan Moral Terhadap Kinerja Pemasaran Sebagai Dampak Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) PT Asahimas Flat Glass Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterpurukan kinerjanya industri kaca di Indonesia selama tahun 2000 s/d 2005 yang mengakibatkan impor kaca lembaran sejak tahun 2000 terus meningkat, terutama dari Cina. Hal ini tak lepas dari faktor murahnya harga bila dibandingkan dengan produk dalam negeri. Efisiensi yang dilakukan perusahaan terhadap biaya perusahaan bisa tercapai apabila mampu merencanakan dan mengendalikan biaya produksi. Didalam perusahaan, sistem manajemen pemeliharaan yang dilakukan sangatlah mempengaruhi besarnya biaya produksi. Salah satu sistem manajemen tersebut adalah Total Productive Maintenance (TPM), yaitu suatu konsep program tentang pemeliharaan yang melibatkan seluruh pekerja melalui aktifitas kelompokkelompok kecil. PT. Asahimas Flat Glass, Tbk. adalah perusahaan kaca dengan sistem manajemen pemeliharaannya mengacu pada TPM. Pelaksanaan Total Production Maintenance (TPM) tersebut diupayakan secara berkesinambungan sebagai pengembangan manajemen yang ditujukan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan keseluruhan peralatan mesin (Overall Equipment Effectiveness/OEE). Berdasarkan hal tersebut maka dapat dianalisis tentang hubungan produktivitas, biaya dan moral terhadap kinerja pemasaran di PT. Asahimas Flat Glass, Tbk. yang telah menerapkan TPM. Dalam penelitian ini dipakai data primer yang berupa penyebaran kuisioner kepada responden dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen atau file-file dari perusahaan. Untuk menghitung OEE dipergunakan data sekunder dan hasil pengukuran OEE nantinya akan dijadikan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan dalam manajemen pemeliharaan dan mengetahui sejauhmana efektivitas penerapan TPM di perusahaan. Kemudian untuk menganalisis hubungan antar variabel tersebut yang input datanya berupa data primer akan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) aplikasi AMOS 4.01. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai OEE untuk A1-Plant tahun 2003 sebesar 88,71 %, tahun 2004 sebesar 89,34 %, tahun 2005 sebesar 80,52 % dan tahun 2006 sebesar 81,16 %. Dan untuk A2-Plant tahun 2003 sebesar 74,71 %, tahun 2004 sebesar 66,87 %, tahun 2005 sebesar 72,65 % dan tahun 2006 sebesar 79,10 %. Sedangkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara produktivitas dan kinerja pemasaran dengan tingkat hubungan sangat lemah dengan nilai korelasinya sebesar 0,14 .Terdapat hubungan yang negatif dan tidak signifikan antara biaya dan kinerja pemasaran dengan tingkat hubungan sangat lemah dengan nilai korelasinya sebesar 0,22. Dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara moral dan kinerja pemasaran dengan tingkat hubungan sangat kuat dengan nilai korelasinya sebesar 0,74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/454/050702616
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138690
[thumbnail of 050702616.pdf]
Preview
Text
050702616.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item