Pembuatan Program Analisa Perhitungan Struktur Perkuatan pada Tanah Fleksibel Menggunakan Cantilever dan Anchored Sheet pile.

Luthfiansyah, Nizar (2007) Pembuatan Program Analisa Perhitungan Struktur Perkuatan pada Tanah Fleksibel Menggunakan Cantilever dan Anchored Sheet pile. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sheet pile adalah salah satu tipe struktur perkuatan yang umum digunakan sebagai penahan tanah yang terbuat dari beberapa lembar pile yang ditancapkan secara vertikal ke dalam tanah dengan kedalaman tertentu. Sampai saat ini metode yang sering digunakan untuk menghitung struktur sheet pile dilakukan secara manual dengan menggunakan metode coba-coba. Dengan metode coba-coba ini akan diperlukan waktu yang lama, terutama bagi yang belum berpengalaman. Oleh karena itu, sangatlah perlu untuk dikembangkan suatu program komputer yang dapat membantu proses perhitungan struktur ini, dengan harapan waktu dan tenaga yang diperlukan akan lebih efisien dan tentu saja menghasilkan tingkat akurasi atau ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan dengan penghitungan secara manual dengan metode coba-coba tersebut Pembuatan software dilakukan dengan menggunakan software visual basic 6.0. Software Analisis sheet pile dalam skripsi ini didesain untuk menyelesaikan delapan kasus perhitungan, yaitu Cantilever Sheet pile pada tanah berpasir, Cantilver sheet pile pada tanah berpasir tanpa muka air, Cantilever Sheet pile bebas pada tanah berpasir, Cantilever Sheet pile pada tanah lempung, Cantilever Sheet pile pada tanah lempung tanpa muka air, Cantilever Sheet pile bebas pada tanah lempung, Anchored sheet pile pada tanah berpasir, Anhored sheet pile pada tanah lempung. Program perhitungan sheet pile digunakan untuk mencari tekanan lateral tanah, momen maksimum, kedalaman pemancangan sheet pile , desain profil sheet pile yang aman terhadap kegagalan rotasi dan geser dengan cara analisis matematis dan komputasi. Untuk mengetahui hasil tingkat ketepatan perhitungan software, dilakukan dengan cara melakukan proses kontrol penyelesaian perhitungan secara manual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/40/050700550
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2008 11:15
Last Modified: 27 Dec 2021 08:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138654
[thumbnail of 050700550.pdf]
Preview
Text
050700550.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item