Alat Pendeteksi Kebakaran Dan Kebocoran Gas LPG Pada Pusat Penjualan Makanan Cepat Saji (Food Court) Berbasis Mikrokontroler MCS-51TM .

ArisMargono (2007) Alat Pendeteksi Kebakaran Dan Kebocoran Gas LPG Pada Pusat Penjualan Makanan Cepat Saji (Food Court) Berbasis Mikrokontroler MCS-51TM . Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan semakin banyaknya didirikan pusat-pusat penjualan makanan cepat saji yang berada di pusat perbelanjaan ( mall ). Dimana pada pusat penjualan makanan tersebut banyak aktifitas memasak yang menggunakan gas dan banyak orang berkumpul untuk makan, tanpa disadari bahwa bahaya kebakaran dan kebocoran gas dari aktifitas ditempat tersebut dapat berakibat fatal. Keselamatan dan kenyamanan konsumen adalah faktor penting untuk keberhasilan dalam usaha penjualan makanan cepat saji ini dalam menarik pembeli untuk datang. Untuk itu, diperlukan adanya sistem pendeteksi bahaya secara dini dan sistem penanggulangan terhadap bahaya kebakaran dan kebocoran gas. Tugas akhir ini merancang suatu alat pendeteksi kebakaran dan kebocoran gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) yang portabel, tidak terlalu rumit dan dapat menginformasikan bahaya berupa suara kepada pengunjung, sehingga pengunjung dapat langsung mengerti apa yang sedang terjadi dan dapat segera menyelamatkan diri dan dilengkapi sistem penanggulangan terhadap bahaya tersebut. Hasil pengujian alat pendeteksi kebakaran dan kebocoran gas ini diperoleh bahwa output berupa suara yang menunjukkan tempat dan jenis bahaya, sistem telepon dan penanggulangan, Sensor gas aktif bila mendeteksi gas butana dengan menghasilkan tegangan keluaran pada V RL 2,5 - 3,8 volt atau lebih dari 1800 ppm, Sensor suhu aktif bila suhu ruangan lebih dari 50°C dengan kesalahan pengukuran suhu sebesar 0,37% dan Sensor asap aktif bila LDR dan sumber cahaya terhalang oleh asap dan tegangan pada R 4 sebesar 2,49 – 1,2 volt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/23/050700515
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Nov 2008 11:31
Last Modified: 22 Oct 2021 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138598
[thumbnail of 050700515.pdf]
Preview
Text
050700515.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item