RizaldyIskandar (2007) Prosentase penurunan lendutan pada model jembatan rangka baja akibat penambahan kabel prategang eksternal tipe trapesium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan jembatan sebagai pelengkap dalam sarana transportasi sangat krusial. Dengan meningkatnya beban kendaraan yang melewati jembatan seiring dengan bertambahnya volume kendaraan diperlukan suatu metode peningkatan kapasitas jembatan terutama jembatan rangka. Metode peningkatan kapasitas yang tidak merusak ataupun membangun ulang jembatan yang sudah ada adalah dengan penambahan kabel prategang. Peningkatan kapasitas yang dapat ditinjau secara langsung adalah dengan mengamati besarnya pengurangan lendutan yang terjadi pada jembatan tersebut setelah ditambahkan kabel prategang. Pemberian gaya prategang menyebabkan gaya pada jembatan yang memiliki reaksi berlawanan dengan reaksi akibat pembebanan dan bersifat saling mengurangi. Dengan adanya pengurangan reaksi gaya batang yang terjadi pada jembatan rangka tersebut, maka besarnya lendutan yang terjadi akibat pembebanan pun akan berkurang. Prategang yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah prategang eksternal tipe trapesium dengan model jembatan rangka baja tipe semi parabol jenis N terbalik. Pengujian yang dilakukan masih berada dalam kondisi elastis jembatan rangka. Pengaruh penambahan yang terjadi pada model jembatan didapatkan dengan membandingkan lendutan yang terjadi akibat pembebanan dalam keadaan setelah dan sebelum diberi prategang. Besarnya beban dan gaya prategang pada kabel prategang yang diberikan divariasikan untuk mendapakan data lendutan yang diperlukan. Sebelum dilakukan analisa pengaruh lendutan, lebih dulu dilakukan perbandingan hasil data yang didapatkan di lapangan dengan hasil perhitungan teoritis. Hasil perhitungan teoritis dilakukan dengan menggunakan software STAAADPro 2004. Dalam penelitian ini besarnya prosentase penurunan lendutan yang terjadi akibat penambahan kabel prategang eksternal tipe trapesium pada tiap peningkatan beban yang diberikan pada model jembatan rangka adalah sebesar 4,167 - 14,286 % dengan nilai rata-rata 8,855%. Sedangkan besarnya penurunan lendutan maksimum yang terjadi adalah sebesar 37,073%. Data prosentase penurunan lendutan tersebut dapat dipergunakan dalam perencanaan jembatan rangka prategang, terutama dalam penentuan jenis dan tipe prategang yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2007/221/050701461 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138592 |
Preview |
Text
050701461.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |