Alat Pengendali Suhu Pada Dispenser dengan Metode Fuzzy Menggunakan Mikrokontroler AT89S51.

KhaironiFerdiansyah (2007) Alat Pengendali Suhu Pada Dispenser dengan Metode Fuzzy Menggunakan Mikrokontroler AT89S51. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dispenser adalah alat yang digunakan untuk memanaskan dan mendinginkan air. Dengan adanya fasilitas pemanas dan pendingin pada dispenser, maka kita akan lebih mudah untuk mengkonsumsi air panas maupun air dingin yang kita inginkan. Alat dispenser terdapat pemanas dan pendingin serta memenuhi standar kesehatan untuk mengkonsumsi air kita diminum. Pada dispenser ini, direncanakan sebuah alat yang dapat mengendalikan suhu panas dan dingin secara otomatis menggunakan kontrol logika fuzzy. Suhu dingin yang diinginkan antara 5 derajat C sampai 27 derajat C, sedangkan pada suhu pemanas, suhu yang diinginkan berkisar antara 27 derajat C sampai 90 derajat C. Pada dispenser ini menggunakan 2 sensor yaitu sensor panas dan sensor dingin yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan suhu pada air. Dari data hasil perubahan suhu yang dibaca oleh sensor,data tersebut akan dikirim ke mikrokontroler AT89S51 untuk diproses apakah perubahan suhu yang dibaca oleh sensor sesuai dengan setpaoin yang diinginkan. Apabila data perubahan suhu dari sensor tidak sesuai dengan setpoin yang diinginkan, maka mikrokontroler akan memberikan perintah selanjudnya sapai data perubahan suhu sesuai dengan setpoin yang kita inginkan. Apabila suhu sudah sesuai dengan yang kita ingikan, maka suhu tersebut akan dipertahankan sesuai perintah yang diprogram oleh mikrokontroler AT89S51. Analisis hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa dengan mengguakan setpoin yang berubah-ubah pada suhu pemanas dan pendingin dari hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil pengujian sistem mendekati nilai setpoint dengan nilai kesalahan keadaan mantap (ess) rata-rata untuk suhu panas dan suhu dingin sebesar 0 derajat C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/154/050701162
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jul 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138551
[thumbnail of 050701162.pdf]
Preview
Text
050701162.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item